Puskesmas Harus Rutin Periksa Kesehatan Lansia

share on:

Timika, HP

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika menggelar kegiatan sosialisasi program kesehatan lanjut usia (lansia) kepada 23 Kepala Puskesmas (Kapus) se-Mimika yang sudah digelar di Hotel Serayu pada Senin (20/10) lalu.

Sosialisasi tersebut bertujuan agar setiap Puskesmas dapat melakukan pendataan dan memberikan pemahaman tentang pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para lansia.

“Dalam kegiatan ini kita berupaya melakukan sosialisasi kepada para Kepala Puskesmas di Mimika, terkait pentingnya pemeriksaan kesehatan bagi para lansia di wilayah pelayanan masing-masing,” kata Penanggungjawab Program Kesehatan Lansia Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika, Irene Elmas SKM, saat mendatangi kantor Redaksi Harian Papua, Jumat (3/11).

Irene mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan maksud agar setiap kapus dapat mengarahkan setiap pasien lansia di Puskesmas masing-masing agar dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap bulannya. “Hal ini supaya para lansia bisa pergi sendiri ke Puskesmas untuk pemeriksaan kesehatan, tidak selalu harus bergantung pada keluarga,” ujarnya.

Irene menerangkan, salah satu pelayanan yang harus diberikan kepada para lansia diantaranya melakukan timbang berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan laboratorium seperti halnya cek gula darah, kolesterol, dan asam urat. “Ini pemeriksaan rutin yang harus dilakukan minimal setiap bulannya kepada para lansia,” ujarnya.

Irene menyebut hal lain yang perlu dilaksanakan oleh setiap Puskesmas maupun posyandu lansia, yakni memberikan penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat, pemberian makanan tambahan dan rutin melakukan kegiatan olahraga seperti senam lansia.

Selain memberikan pelayanan di Puskesmas maupun posyandu, tambah Irene, para lansia juga akan diberikan beberapa kegiatan yang disebut kunjungan rumah (home care), dimana para lansia tidak harus berkunjung ke Puskesmas maupun posyandu, namun dapat mendapatkan pelayanan kesehatan di rumahnya masing-masing.

“Program home care ini diperuntukkan bagi lansia yang sudah tidak bisa lagi berkunjung ke Puskesmas atau Posyandu karena faktor kesehatan yang sudah kurang baik. Tapi mereka bisa memperoleh pelayanan yang sama dengan para lansia yang lain di rumah mereka masing-masing,” ujarnya.

Melalui kegiatan sosialisasi tersebut, Irene berharap kedepan masyarakat di Mimika khususnya para lansia dapat memperoleh kesehatan secara baik dari tiap Puskesmas di sekitar tempat tinggalnya. “Kita harap kedepan para lansia bisa mandiri menjaga kesehatan mereka masing-masing dengan tidak bergantung lagi pada orang lain. Karena sudah saatnya para lansia peduli pada kesehatan diri sendiri masing dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin tiap bulannya,” ujar Irene. (joe)

share on:

Leave a Response