Bupati Akui APBD Mimika Rp 4,3 T, Belum Termasuk Penerimaan Deviden

share on:
Eltinus Omaleng / Foto : Ryeno Guritno/HP

Timika, HP

Bupati Kabupaten Mimika SE MH mengungkapkan total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang sudah ditetapkan tersebut belum termasuk penerimaan pembagian saham (Deviden) yang di dapat dari Freeoprt. Termasuk  penerimaan dari pihak-pihak lain jika ditotal seluruhnya lebih dari 4,3 Triliun.

“Yang untuk hak kita 2,5 khusus untuk Kabupaten Mimika dari Freeport itu belum. Kalau sudah masuk mungkin ya naik sampai 10 triliun keataslah,” ungkap Omaleng usai memimpin apel gabungan di kantor pusat pemerintahan Pemkab Mimika, Senin (2/12).

Terkait Deviden yang belum masuk pada APBD tersebut Bupati juga mengungkapkan bahwa pihaknya terus berusaha melakukan lobi-lobi ditingkat pusat agar bisa segera bisa mendapatkan deviden teresbut. Selain itu pihaknya juga melakukan lobi-lobi kepada pihak lainnya seperti di tingkat propinsi agar mendapatkan pemasukan-pemasukan lagi.

“Ini banyak hak-haknya kita yang beklum di bayarkan kemudian pendapatan asli daerah terus transfer dari penerimaan dari lain-lain seperti kita meminta kepada propinsi. Kalau kita tidak minta dan berhenti meminta ya tidak di kasih padahal itu kita punya hak sehingga saya minta terus dan kejar terus sehingga mereka bisa transfer-transfer,” jelasnya.

Terkait anggaran APBD total 4,3 triliun tersebut Omaleng mnenjelaskan bahwa anggaran sekitar Rp 700 Milyar sudah dianggarkan untuk Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mimika untuk keperluan pembangunan infrastruktur.

Lanjutnya kata Omaleng, bahwa total anggaran Rp 700 Milyar untuk difokuskan kepada pembangunan infrastruktur tersebut antara lain untuk melakukan pembangunan jalan yaitu jalan dari Polres 32 menuju gorong-gorong terus tembus sampai di Tipuka dengan anggran Rp 100 Milyar dengan proyek multi year.

Kemudian selanjutnya kata Bupati,  untuk pembangunan pelebaran jalan C Heatubun dengan anggran Rp 50 Milyar dan selanjutnya pembangunan jalan dari petrosea tembus jalan Hasanudin lengkap jalan aspal dan trotoar dengan anggaran juga Rp 50 Milyar. (reg)

share on:

Leave a Response