Kadis Yang Tak Bisa Kelola Dana Secara Baik Harusnya Mundur

share on:
Eltinus Omaleng/ Foto : Ryeno Guritno/HP

Timika, HP

Bupati Kabupaten Mimika Eltinus Omaleng SE MH mengatakan bahwa seharusnya seorang kepala dinas yang tidak bisa mengelola anggaran secara baik atau tidak bisa melakukan penyerapan anggaran dengan baik   yang sudah dianggarkan harusnya mundur atau mengundurkan diri.

Hal tersebut menurut Bupati Omaleng merupakan pertanda Kadis tersebut tidak bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

DIa mengakui bahwa adanya anggaran yang dikembalikan ke kas daerah merupakan salah satu kriteria untuk dikatakan bahwa kepala dinas tersebut kinerjanya tidak mampu. Oleh sebab itu apabila dengan ketidak mampuan tersebut menurut aturan seharusnya kepala dinas tersebut mengundurkan diri.

“Tapi selama ini ada yang seperti itu tapi mereka masih mempertahankan diri. Tapi dengan rasa manusiawi maka saya harus tunggu pada waktunya akan saya kasih berhenti,” kata Omaleng usai memimpin apel gabungan di kantor pusat pemerintahan Pemkab Mimika, Senin (2/12).

Terkait penilaian terhadap para kepala dinas terkait penyerapan anggaran tersebut Bupati mengungkapkan bahwa ada penilaian-penilaian yang dilakukan oleh pihaknya kepada masing-masing kepala dinas tersebut

“Kriteria dan penilaian-penilaian khusus sudah ada tetapi patokan yang bisa dilihat secara langsung adalah dikembalikannya anggaran ke kas daerah,”ungkapnya.

Omaleng menambahkan bahwa banyak kepala dinas yang penyerapan anggarannya di dinasnya sedikit tetapi konsekwensinya harus mengundurkan diri adalah berdasarkan presentase yang sudah ditetapkan.

“Mereka yang harusnya mengundurkan diri karena penyerapan anggarannya kurang itu berdasarkan presentase,” ujarnya. (reg)

share on:

Leave a Response