Pemerintah Diminta Bersikap Adil Kepada Para Pedagang

share on:

Timika,HP

Sikap tegas yang ditunjukkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika kepada para pedagang di Pasar Sentral mendapat respon yang beragam. Terdapat pedagang yang mendukung langkah pemerintah tersebut,  namun ada pula yang menyebutkan, bahwa pemerintah belum bersikap adil.

Nur Rohikmah (43) salah satu pedagang di Pasar Sentral saat ditemui Harian Papua, Senin (20/1) mengatakan, bahwa pada dasarnya langkah pemerintah menertibkan para pedagang yang berjualan dibeberapa titik diwilayah kota, adalah hal yang positif.

“Kami pedagang disini mendukung hal itu, karena selama pasar-pasar itu buka, kami disini sepi pengunjung,” tuturnya.

Namun demikian, langkah pemerintah tidak didukung oleh kesiapan dalam menampung ratusan pedagang yang direlokasi ke Pasar Sentral. Buktinya, banyak pedagang yang tidak mendapat tempat jualan dan akhirnya kembali ke tempat mereka semula untuk berjualan.

“Ini yang sekarang jadi masalah karena jumlah pedagang sangat banyak, tapi tempat dan lapak jualan sangat terbatas,” ungkapnya.

Ia juga meminta kepada Pemda Mimika melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika untuk segera menutup lubang-lubang tembok pagar yang sengaja dibuat oleh warga untuk mempermudah transportasi mereka.

“Apapun alasannya, itu adalah perbuatan melanggar hukum. Kami minta supaya tembok-tembok itu segera ditutup kembali, karena sesuai aturan, tidak boleh merusak fasilitas umum,” ungkapnya.

Juga diminta agar Disperindag segera meresmikan dan menggunakan bangunan pasar yang berada dibagian depan, agar transaksi jual beli bisa berjalan normal.

“Sampai kapan gedung akan kosong begitu saja. Coba diresmikan lalu digunakan,” imbuhnya. (Zhu)

 

share on:

Leave a Response