Stok Beras Timika Aman Hingga Bulan November

share on:

Timika, HP

Kepala Kantor Seksi Logistik (Kansilog) Mimika, Winarni  mengatakan, stok beras yang tersimpan di gudang Kansilog sebanyak 2300 ton. Dengan jumlah tersebut maka stok beras untuk Kabupaten Mimika aman hingga bulan November mendatang.

“Stok ini masih bisa dipergunakan untuk tiga bulan ke depan,” kata Winarni saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (1/8).

Winarni mengungkapkan, total kebutuhan beras di Mimika per bulannya sebanyak 800 ton. Kebutuhan itu dibagi menjadi dua, yaitu untuk beras sejahtera (ranstra) dan beras jatah PNS, TNI/Polri. Ranstra adalah beras jatah untuk masyarakat tidak mampu.

“Alokasi ranstra sebanyak 496 ton. Sedangkan untuk beras jatah PNS, TNI/Polri sebesar 304 ton yang kami ambil dari Sulawesi,” jelasnya.

Winarni menjelaskan, karena Kansilog Mimika juga membawi distribusi Puncak, maka alokasi ranstra sebesar 496 ton tersebut juga dibagi dua kabupaten. 390 ton untuk Mimika dan 106 ton diperuntukan bagi Kabupaten Puncak.

“Untuk Ranstra ini didistribusikan setiap tiga bulan sekali. Karenanya untuk menjaga stok beras di Kansilog Mimika, dalam waktu dekat akan masuk 1000 ton lagi dari Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Winarni menambahkan, selama ini pendistribusian ranstra di Kabupaten Mimika maupun Kabupaten Puncak tidak memiliki kendala. Karena akses untuk ke daerah pedalaman baik pesisir maupun pegunungan sudah terbuka. (reg)

share on:

Leave a Response