Utamakan Keselamatan Penumpang, Ratusan Sopir Ikuti Penyuluhan

share on:
Yan Slamat Purba/ Foto : Marsel Balawanga/ HP

 

Timika, HP

Sebanyak 250 sopir yang merupakan sopir angkutan trayek dan non trayek se Mimika ikuti penyuluhan untuk peningkatan keselamatan penumpang yang digelar Dinas Perhubungan (Dishub) Mimika.

Sosialisasi atau penyuluhan ini dilakukan untuk menyampaikan tentang bagaimana cara mengemudi  agar memberikan aman dan nyaman kepada penumpang. Selain itu, untuk mensosialisasikan terkait   adanya perubahan-perubahan regulasi atau aturan berlalu lintas, pengenalan rambu jalan dan kecepatan kendaraan. Penyuluhan melibatkan balai transportasi darat serta Polantas Polres Mimika untuk memberikan materi menyangkut penegakan  hukum dalam berlalu lintas.

“Dalam dunia perhubungan, ada yang dinamakan refresh. Tiap-tiap mode transportasi itu berbeda-beda. Kalau di dunia penerbangan refresh itu dilakukan setiap enam bulan. Begitu juga untuk di laut dan di darat. Makanya kita lakukan penyuluhan kepada juru mudi atau sopir dalam rangka peningkatan keselamatan penumpang,”  ungkap Kepala Dishub Mimika, Yan S. Purba di Grand Tembaga Hotel, Senin (2/1).

Penyuluhan ini disambut baik oleh seluruh  juru mudi yang hadir. Di mana, Arnold yang merupakan sopir taksi jurusan Kuala Kencana mengaku bahwa penyuluhan ini merupakan perhatian dari Pemkab Mimika untuk melindungi semua sopir dari persoalan hukum.

Ia mengatakan, meski telah memiliki SIM dan  telaten mengendarai mobil, akan tetapi menjadi  tidak lengkap jika tidak dibekali dengan pengenalan rambu dan aturan-aturan lalua lintas lainnya. Demikian juga dengan persoalan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang.

“Ini kegiatan yang sangat baik dan memberikan dampak pengetahuan kepada kami yang profesi sebagai sopir. Kalau boleh jujur yang selama ini kita kejar adalah setoran sehingga tidak pedulikan hal-hal lain yang tentunya bisa memberikan dampak positif,” katanya.(sel)

 

 

share on:

Leave a Response