BPJS-K Mimika Gandeng Kejaksaan Tagih Iuran Peserta

share on:

Timika, HP

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-K) Mimika menandatagani perjanjian kerjasama dengan Kejakasan Negeri Timika dan Kejaksaan Negeri Nabire, di Kantor BPJS-K Mimika Selasa (11/2). Penandatanganan kerjasama tersebut untuk meningkatkan kepatuhan peserta BPJS-K membayar iuran yang sudah ditentukan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika Dedi Mulyadi kepada wartawan usia penandatangan kerjasama mengatakan, tujuan kerjasama tersebut untuk memastikan pemberi kerja, badan usaha  yang beroperasi di Kabupaten Mimika dan Kabupaten Nabire patuh dalam menyelenggarakan Program BPJS-K. Sangat diharapkan  agar seluruh pekerja yang ada di Kabupaten Mimika dan Kabupaten Nabire terlindung dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Muliyadi menjelaskan, peserta BPJS-K yang menunggak membayar iuran sampai dengan 1 Januari 2020 sudah mencapai Rp 3 miliar. Itu termasuk juga badan usaha yang berskala besar, menengah maupun kecil.

“Kami akan melakukan upaya umtuk menagih tunggakan iuran tersebut dan apabila tidak terealisasi  sesuai dengan prosedur, kami akan minta bantuan hukum. Akan kami serahkan kepada Kejaksaan Negeri Timika dan Nabire melalui surat kuasa khusus,” kata Mulyadi.

Kepala Kejaksaan Negeri Timika  Mohammad Ridosan mengatakan melalui kerjasama ini nantinya pihaknya akan diberikan surat kuasa khusus untuk melakukan penagihan  terhadap badan usaha yang  tidak melunasi iuran BPJS Ketenagakerjaan.

“Nanti dengan surat kuasa khusus kami akan melakukan penagihan terhadap perusahan perusahan  yang mempunyai piutang itu,” kata Ridosan.

Kepala Kejakasaan Negeri Nabire  Ramdanis SH, MH kepada wartawan mengatakan pihaknya juga  nantinya juga akan melakukan penagihan terhadap perusahan perusahan yang ada di Kabupaten Nabire yang belum melakukan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjan.

“Kita tentunya akan mengevaluasi kegiatan kita sebelumnya di tahun 2019. Dimana kepatuhan badan usaha di Nabire untuk membayar iuran meningkat 51 persen. Diharapkan tahun 2020 ini kita upayakan progres lebih meningkat dari 2019.  Kita tentunya akan meningkatkan sinergitas,” kata Ramdani. (sel)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

share on:

Leave a Response