Dinkes Beri Pelatihan Juru Imunisasi di Mimika

share on:

Timika, HP

Untuk meningkatkan pengetahuan imunisasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika memberikan pelatihan para juru imunisasi yang ada di puskesmas-puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Mimika. Pelatihan yang mengadirkan narasumber dari Dinkes Provinsi Papua dan WHO tersebu diselenggarakan di hotel Serayu, Jumat (15/11).

Pelatihan tersebut dilakukan dengan tujuan agar para juru imunisasi bisa mengupdate ilmu imunisasi kembali. Kegiatan yang dianggarkan dari APBD 2019 tersebut diikuti oleh sekitar 23 puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kabupaten Mimika.

Kepala Seksi Imunisasi Dinkes Mimika Usman La Alimuda mengatakan, dengan pelatihan tersebut diharapkan para juru imunisasi bisa membuat kesepakatan untuk meningkatkan cakupan imunisasi di tiap-tiap puskesmas. Serta kesepakan terhadap hubungan antara rumah sakit dan puiskesmas dalam menjalankan imunisasi.

“Karena anak-anak kita yang terutama di kota ini banyak yang ibu-ibunya melahirkan di rumah sakit sehingga kurang dari 24 jam harus dilaksanakan imunisasi. Sehingga kita memfasilitasi untuk mengkomunikasikan dengan rumah sakit dan puskesmas di dalam kegiatan ini,” tuturnya.

Usman menjelaskan untuk pelaksanaan pelatihan tersebut ditekankan untuk semua yang berhubungan dengan imunisasi antara lain perencanaan dan sistem pencatatan pelaporan. Karena kedepan para juru imunisasi tersebut harus melaksanakan pengentrian langsung dengan soft wear imunisasi.

“Selama inikan mereka masih menggunakan manual yaitu tulis tangan tapi pada pelatihan ini sudah dilatih bagaimana cara mengetri soft wear pada sistem pelaporannya,” jelasnya.

Usman menambahkan dalam sisten aplikasi tersebut menggukan sisten offline dimana bisa di jalankan di semua wilayah meskipun wilayah tersebut tidak memiliki jaringan online.

“Aplikasinya berupa aplikasi Off line jadi tidak perlu kuatir dan hanya menggunakan flash disc saja untuk menginput data-datanya,” ujarnya.

Sementara itu Selaku pengelola program imunisasi Dinkes Provinsi Papua Yasman mengatakan pelatihan tersbut memiliki tujuan utama adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan imunisasi. Denag output yaitu memberikan pelayanan yang maksimal dan prima dari setiap individu atau juru imunisasi yang ada disetiap puskesmas yang ada di Mimika.

“Sebab kalau secara kuantitas Timika ini sudah termasuk yang bagus dan baik di provinsi Papua untuk cakupan immunisasinya dan sekarang kita lebih menekankan pada kualitas,” ungkapnya.

Selain sudah mendapat pelatihan yang sudah baik pihaknya berharap agar juru imunisasi kedepan bisa menjalin hubungan baik dengan para kepala puskesmas yang. Hal tersebut agar terjadi kesinergian antara juru imunisasi denga pihak puskesmas agar imunisasi bisa berjalan baik dan lancar.

“Karena kalau pun juru immunisasinya hebat dan pintar tapi kalau tidak didukung oleh Kepala Puskesmasnya, hasinya tidak maksimal. Kemudian selalu memperhatikan perawatan perlengkapan-perlengkapan yang diperlukan,”ujarnya.(reg)

 

 

 

 

share on:

Leave a Response