Dinkes Gelar Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Kesehatan Jiwa

share on:

Timika, HP

Dinas Kesehatan ( Dinkes) Kabupaten Mimika gelar sosialisasi peningkatan pelayanan kesehatan jiwa yang di laksanakan di  hotel Horison Ultima Timika pada, Selasa (10/12) hingga Rabu (11/12). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Wakil Bupati (Wabup) Mimika Johannes Rettob.

Kegiatan yang diikuti oleh 60 peserta antara lain dari Forkopimda dan tokoh agama tersebut bertujuan untuk agar peserta mengenal berbagai pasien jiwa, peserta mengetahui cara penanganan pasien jiwa dan peserta bersedia membentuk tim pengananan pasien jiwa secara terpadu, dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika dan Dokter spesialis jiwa.

Dalam sambutannya Wabup menuturkan bahwa pihaknya meminta agar kegiatan sosialisasi tersebut terus ditingkatkan mengingat gangguan jiwa di Timika juga semakin banyak. Ia berharap kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan output yang jelas dan bisa melihat berapa banyak orang sakit jiwa di Timika dan solusi apa yang harus diambil

“Sosialisasi penanganan orang dengan gangguan jiwa ini untuk mengingatkan kita bahwa penanganan orang dengan gangguan jiwa di masyarakat merupakan tanggung jawab bersama, artinya ini menjadi perhatian dari semua komponen dari semua stakeholder dibantu dengan organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Mimika, ” tuturnya.

Menurut Wabup dalam upaya kesehatan akan lebih ke arah memprioritaskan promotive- preventif dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari orang terdekat dalam hal ini keluarga. Penanganan pasien dengan gangguan jiwa juga merupakan satu indikator standar pelayanan minimal kesehatan, dimana diwajibkan untuk dilaksanakan oleh pemerintah daerah

“Ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peduli terhadap orang dengan gangguan jiwa, ” ujarnya. (reg)

share on:

Leave a Response