Empat Puskesmas Ikuti Akreditasi Ditahun Ini

share on:

Timika, HP

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika tahun ini mengikutsertakan empat Puskesmas untuk penilaian akreditasi. Tim Surveyor Akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sudah melaksanakan penilaian terhadap Puskesmas Mapurujaya di Distrik Mimika Timur pekan lalu. Pada pekan ini dilanjutkan penilaian kepada Puskesmas Limau Asri Distrik Iwaka.

Sementara pekan depan akan dilanjutkan dengan penilaian di Puskesmas Bhintuka dan diakhiri di Puskesmas Pasar Sentral yang masih menunggu jadwal dari Kementerian Kesehatan.

Pada proses penilaian akreditasi ini, Dinkes Mimika bersama keempat Puskesmas ini mengikuti jadwal dari tim Surveyor Akreditasi Kementerian Kesehatan. Dengan jadwal yang sudah disepakati bersama, proses penilaian akreditasi bisa berjalan dengan baik.

Jika tahun ini empat Puskesmas penilaian akreditasinya ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, maka bertambah lagi pelayanan tingkat pertama yang terakreditasi. Setelah Puskesmas Timika, Timika Jaya, Wania dan Limau Asri, maka total Puskesmas yang terakreditasi menjadi 8.

Kepala Dinkes, Alfred Douw saat ditemui, Rabu (20/11) di Hotel Serayu mengatakan pihaknya terus mendorong Puskesmas untuk mengikuti proses penilaian akreditasi. Untuk tahun ini sedikitnya ada empat Puskesmas didukung untuk mengikuti proses akreditasi menyusul empat Puskesmas lainya.

“Kami mendukung proses akreditasi Puskesmas, kalau tahun ini empat Puskesmas, untuk Puskesmas Pasar Sentral masih menunggu jadwal dari Kementerian Kesehatan,” jelas Douw.

Ia menjelaskan, dalam akreditasi Puskesmas ini Douw menyarankan agar hal ini menjadi motivasi untuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pada proses penilaian akreditasi ini, Dinkes sebutnya terus memotivasi kepada setiap Puskesmas yang ada untuk mengikuti proses yang ada. Sementara untuk hasilnya atau penilaian diharapkan tidak menjadi patokan.

“Jangan dilihat dari hasil nilainya, tapi kita lihat prosesnya, yang penting kita sudah laksanakan, di mana-mana ada yang siap dan ada yang tidak siap,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan akreditasi maka Puskesmas ke depanya bisa memperoleh beberapa kemudahan dan dukungan penanggaran dari Pemerintah Pusat. Puskesmas yang sudah terakreditasi bisa memperoleh dukungan dana BLUD.

Dari dukungan dana tambahan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, maka tentu saja akan berimbas pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Bisa meningkatkan pelayanan, artinya ada perhatian khusus dari Pemerintah Pusat, dengan adanya akreditasi itu diharapkan pelayanan meningkat karena ada bantuan,” pungkas Douw. (rik)

 

share on:

Leave a Response