AKBP Agung Marlianto Resmi Jabat Kapolres Mimika

share on:
AKBP Agung Marlianto,SIK,MH Jabat Kapolres Mimika,. / Foto : Dok HP

Timika, HP

Belum cukup dua bulan bertugas sebagai Kapolres Mimika, AKBP Indra Hermawan mendapat promosi sebagai Kapolres Bandung Polda Jawa Barat. AKBP Indra resmi menjabat Kapolres Mimika setelah serah terima jabatan dari AKBP Victor Dean Mackbon di Jayapura pada, Jumat 19 Januari 2018 oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar.

Berdasarkan surat telegram Kapolri bernomor ST/664/III/KEP./2018 tentang keputusan Kapolri nomor KEP/351/III/2018 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri, AKBP Agung Marlianto SIK MH akan mengisi jabatan Kapolres Mimika.

“Untuk Polda Papua itu ada dua jabatan yang dapat promosi, yang pertama Kapolres Mimika, itu pindah ke Bandung. Kemudian Dir Tahti mendapat promosi jabatan Kombes sebagai Dir TI di Kepulauan Riau,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal saat dikonfirmasi atas keabsahan telegram tersebut, Jumat (9/3) sore.

Mutasi dan promosi jabatan di lingkungan Polri, menurut Kamal, merupakan hasil evaluasi pimpinan tentang pelaksanaan tugas pejabat yang bersangkutan untuk memaksimalkan fungsi organisasi. Bagaimanapun, setiap setiap pejabat mesti melaksanakan tanggung jawab dalam jabatan yang diamanahkan.

“Mungkin dia (Pejabat yang dimutasi-Red) akan lebih tepat di posisi yang baru ini karena terkait dengan situasi dan kondisi yang tentunya membutuhkan dia. Terus kemudian, perlu penyegaran dan sebagainya,” kata Kamal.

Dalam waktu 14 hari setelah terbitnya telegram tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri,  pejabat yang namanya disebut di dalam telegram wajib melaksanakan serah terima jabatan.

AKBP Indra Hermawan sebelum menjabat Kapolres Mimika adalah Kapolres Tolikara.Kapolres Indra dimutasi ke Timika berdasarkan Surat Telegram Nomor ST/101/1/2018 dan Surat Keputusan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Nomor:KEP/32/I/2018, tanggal 14 Januari 2018 .

AKBP Indra selama menjabat Kapolres Mimika sangat dekat dengan kalangan wartawan.Dalam beberapa kasus yang terjadi di Timika sangat kalangan wartawan begitu mudah mendapatkan akses informasi saat dimintai komentar dimana saja Kapolres berada.

Memang belum banyak prestasi yang ia bisa hasilkan, namun patut diapresiasi dimasa awal tugasnya mampu menetralisir dan mengawal tahapan awal Pemilukada di kabupaten Mimika mulai dari pendaftaran pasangan calon hingga aksi demo dari pendukung pasangan calon , bahkan sampai dengan putusan sidang sengketa di Gakkumdu dan sampai saat ini sebelum beliau di mutasi Mimika sepenuhnya terkendali dan kondusif.(bur)

share on:

Leave a Response