BNN Mimika Tetapkan DPO Pemasok Narkotika Jenis Sabu ke Timika

share on:
Kepala BNNK Mimika Kompol Mursaling Dok/HP

Timika, HP

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimika menetapkan satu DPO berinisial A yang diduga memasok narkotika jenis sabu ke Kabupaten Mimika. Kuat dugaan tersangka yang kini ditetapkan sebagai DPO mengirim narkotika tersebut dari Makassar melalui jasa pengiriman udara ke Timika kepada tersangka RI alias Iccang yang dibekuk oleh anggota BNN beberapa waktu lalu.

“ Berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan tersangka RI yang kita tangkap menerima paket narkotika itu dari tersangka DPO berinisial A yang berada di Makassar,” kata kepala BNNK Mimika Kompol Mursaling SH ketika dihubungi Harian Papua, Sabtu (30/3).

Mursaling mengatakan, bahwa tersangka RI alias iccang memesan barang haram itu melalui telepon seluler dengan tersangka A. Setelah tersangka RI mengirim sejumlah uang, tersangka DPO A kemudian mengirimkan barang tersebut melalui jasa pengiriman barang.

“ Dari hasil pemeriksaan itu diketahui bahwa DPO berinisial A itu mengirimkan barang haram itu melalui jasa pengirimana barang sesuai dengan pesanan yang diminta oleh tersangka RI yang kita tangkap ini,” katanya.

Mursaling juga mengungkapkan, bahwa tersangka DPO itu pernah ke Timika sehingga tahu betul kondisi wilayah itu. “ DPO ini pernah tinggal di Timika sehingga tau persis dan saat ini kita sudah menetapkan DPO agar kita bisa memutus mata rantai peredaran narkotika ini masuk ke Timika,” ujarnya.

Seperti diketahui, RI alias Iccang ditangkap oleh petugas BNNK Mimika dari seksi berantas BNNK Mimika pada 16 Maret 2019 sekitar pukul 17.30 WIT. Pada saat penangkapan tersebut di temukan membawa dan menguasai 1 ( Satu ) bungkus kecil plastik klip bening berisi butiran kristal diduga narkotika jenis shabu yang disimpan didalam pembungkus rokok DUNHILL dan 4 ( empat ) bungkus kecil plastik klip bening berisi butiran kristal diduga narkotika jenis shabu yang disimpan didalam dompet coklat Pelaku.

“Saat itu tersangka RI alias Iccang hendak mengedarkan diduga Narkotika jenis shabu di sekitar SP 1 (satu). Sesampainya di Jalan Budi Utomo Ujung Timika Petugas dari Seksi Berantas BNNK Mimika segera melakukan penangkapan terhadap Pelaku,” kata Kompol Mursaling.

Mursaling mengatakan, kemudian Petugas BNNK Mimika melakukan pengembangan ke Rumah kost yang dihuni oleh tersangka di Jalan Budi Utomo belakang Rumah Bernyanyi DIVA.

“ Dirumah tersangka ditemukan 7 ( Tujuh ) bungkus kecil plastik klip bening berisi butiran kristal diduga narkotika jenis shabu yang disimpan di dalam Lemari Pakaian, dari Hasil penangkapan dan penggeledahan tersebut Pelaku dan Barang Bukti di bawa ke Kantor BNNK Mimika guna Pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.

Mursaling mengatakan, adapung barang bukti yang berhasil disita oleh petugas yakni 12 ( Dua belas ) Bungkus kecil plastik klip bening berisi butiran kristal narkotika jenis shabu seberat 5,80 gram. Satu unit Handphone nokia berwarna biru Type RM – 1134 dengan Sim Card nomor 085210141122. Satu Dompet berwarna Coklat merk DRAFIG.

“ Selain itu petugas menyita 1 ( Satu ) buah pembungkusan bekas Rokok DUNHILL. Satu lembar kertas bertuliskan POLYTRON. Satu buah Timbangan Elektrik Merk Aosai,” katanya.

Mursaling menambahkan, atas perbuatan tersebut tersangka dikenakan Pasal 112 ayat (2) dan ayat (1) jo Pasal 127 ayat (1) huruf a UU R.I Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“ Jika terbukti sesuai pasal tersebut yaitu Dalam hal perbuatan memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) beratnya melebihi 5 (lima) gram, pelaku dipidana dengan pidana penjaraseumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum,” katanya.(thr)

share on:

Leave a Response