Kapolres Minta Korban Penipuan Lapor Polisi

share on:

 

Timika, HP

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adinata  mengatakan, jika ada masyarakat yang jadi korban penipuan online, diminta segera melaporkan pada kepolisian. Sehingga bisa segera ditindaklanjuti kasusnya.

“Kalau sudah terlanjur ditipu laporkan ke kita, maka akan selidiki. Kita akan bersama tim siber Polda Papua untuk melaksanakan penyelidikan terkait dengan itu. Kadang-kadang mereka melakukan penipuaan dari Rp 5 juta sampai Rp 10 juta. Rata-rata pelaku di luar Papua dan tentunya untuk melakukan penyelidikan membutuhkan biaya lebih besar. Tapi itu tetap tanggung jawab kepolisian walaupun kerugiannya kecil dan itu meresahkan masyarakat maka kami akan melakukan penyelidikan lebih mendalam,” kata Era wartawan saat ditemui di Kantor Pelayanan Polres Mimika  Jumat (17/1/2020).

Era mengingatkan pada masyarakat jika ingin melakukan belanja online maka diharapkan mengecek dulu dengan baik. Sehingga dapat dipastikan bahwa situas online jual beli barang tersebut adalah situs yang terpercaya.

“Kadang kadang banyak akun-akun palsu dan sekarang teknologi sudah semakin maju  bisa membuat orang itu percaya bahwa hal itu benar,” kata Era.

Untuk diketahui bersama kasus penipuan online di Mimika akhir akhir ini marak terjadi, menurut catatan  kepolisian  diawal tahun 2020 sudah ada 10 kasus penipuan online yang dilaporkan oleh masyarakat Mimika kepada pihak kepolisian Polres Mimika. (sel)

 

 

 

 

 

share on:

Leave a Response