Ketua DPRD Minta Pemicu Konflik Kwamki Harus Ditangkap

share on:
Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Elminus Mom Evan Soenarie/HP

Timika, HP
Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Elminus Mom meminta kepada aparat kepolisian untuk menindak tegas kepada siapa saja yang menjadi penyebab konflik di Distrik Kwamki Narama.

Elminus mengatakan, bahwa sudah seharusnya warga Kwamki Narama menyudahi konflik horizontal yang selama ini terjadi.

“Kalau kita perang terus, kapan distrik ini akan maju. Oleh sebab itu, kami meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas bagi warga yang menjadi penyebab terjadinya kericuhan,” tuturnya saat ditemui dibilangan Hasanuddin, Minggu (10/3).

Dijelaskan, bahwa pihaknya bersama Pemkab Mimika, Kapolres beserta Dandim terus berupaya menciptakan suasana yang kondusif di wilayah Distrik Kwamki Narama, yang seharusnya didukung penuh oleh warga.

“Kita sudah tertinggal dari distrik-distrik lain, karena dinas-dinas masih berpikir panjang untuk menjalankan program mereka di sini kalau keadaan belum aman. Warga harus mendukung rencana dari pemerintah, sehingga proses kehidupan normal bisa terwujud,” ungkapnya.

Dikatakan, setiap warga tentunya mendambakan hidup yang aman dan tentram, karena sudah sekian lama dilanda rasa takut dan kecemasan akibat konflik yang berkepanjangan.

“Kita sudah gelar perdamaian, semua warga dari tiga kubu sudah bergabung dalam acara bakar batu yang digelar bersamaan dengan syukuran peresmian gereja Kingmi Jemaat Tabernakel, namun sempat diwarnai keributan, tapi sebagai putra asli daerah serta anak asli Kingmi, saya berinisiatif untuk mereda amarah mereka,” tuturnya.

Apabila Kwamki Narama sudah damai, maka proses kehidupan bisa berjalan normal. Pendidikan, pelayanan kesehatan serta taraf perekonomian bisa berjalan dengan normal.

“Kita harus mengejar ketertinggalan kita. Kwamki Narama menyimpan banyak potensi. Namun karena selama ini dilanda konflik, membuat potensi kita tidak bisa dikembangkan,” imbuhnya. (CR12)

share on:

Leave a Response