Marianus: Ada Oknum ASN Terindikasi Salah Gunakan SK Bupati

share on:

Timika, HP

Tokoh masyarakat Kamoro Marianus Maknaipeku menyambut baik pengurangan pegawai honorer dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika yang tidak menggunakan Surat Keputusan (SK) Bupati, hanya saja Bupati Mimika perlu melihat kembali SK-SK tersebut.

Karena ada indikasi SK Bupati disalahgunakan oleh pimpinan OPD untuk mempekerjakan orang yang masih ada hubungan keluarga.

“Jadi ada honorer yang berdasarkan SK Bupati, jadi saya mau ingatkan untuk pemda, cuma ada oknum-oknum tertentu yang mengeluarkan SK Bupati oknum-oknum tersebut harus Bupati copot,” kata Marianus saat ditemui di jalan Ahmad Yani, Minggu (12/1).

Ia menjelaskan disalah satu OPD, ada sejumlah orang direkrut untuk menjadi pegawai dan kemudian dibina, namun setelah itu banyak yang keluar, selanjutnya digantikan oleh orang-orang yang memiliki kedekatan atau ada hubungan kekeluargaan.

Bahkan perekrutan pegawai honorer khusus amorpun ada beberapa nama yang digantikan oleh orang lain. Dengan kondisi tersebut, anak-anak amor merasa terancam.

“Contoh mereka rekrut pegawai Sat Pol PP untuk dibina, tapi banyak yang sudah keluar dan digantikan oleh orang lain yang mempunyai hubungan keluarga,” jelasnya.

Oleh sebab itu, dirinya berharap, anak-anak amor yang direkrut sebagai pegawai honorer agar dibina dengan baik, agar mereka bisa seperti pegawai-pegawai amor yang sudah menjabat sebagai Kadis, kabag, posisi-posisi lainnya.

“Jadi untuk anak-anak amor itu sangat terancam sekali, dan itu yang kami lihat, dan mereka itu harus diperhatikan,” (rik)

share on:

Leave a Response