Masalah Begal Harus Jadi Atensi Polres Mimika

share on:

Timika, HP

Anggota DPRD Kabupaten Mimika Muh Nurman Sugiyanto Karupukaro meminta pihak Kepolisian Resor Mimika untuk meningkakan patroli dan imbauan kepada masyarakat terkait tindak kriminal jalanan yang sering meresahkan masyarakat.

“Jadi, terkait begal ini adalah penyakit masyarakat yang timbul tenggelam, dan itulah permasalahan sosial di masyarakat,” kata Nurman saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (17/1).

Menurut Nurman, tindak kriminal jalanan yang sering meresahkan masyarakat karena ada niat dan kesempatan, dan juga sering menyasar kaum hawa saat mengendarai kendaraan roda dua seorang diri. “Jadi, kepolisian agar menindak tegas pelaku begal khususnya yang sering meresahkan masyarakat,” harapnya.

Oleh sebab itu, ┬áNurman meminta pihak kepolisian lebih meningkatkan patroli dan mengajak masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam berkendara. Tidak hanya itu, diperlukan gebrakan baru dalam menekan tindak kriminal jalanan. “Saya harap kepada Kapolres untuk bisa meningkatkan patroli, mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dan menciptakan gebrakan-gebrakan baru,” ucapnya.

Selain itu, Nurman juga mengimbau kepada para orangtua agar lebih selektif dalam memberikan kendaraan kepada anak-anaknya. Hal ini penting demi keselamatan, karena sasaran pelaku begal saat beraksi rata-rata menyasar kaum hawa karena dinilai lemah. “Kepada orangtua yang memberikan anak kendaraan untuk ke sekolah, kalau bisa lebih selektif, apalagi kaum perempuan yang merupakan sasaran empuk begal,” ujarnya. (rik)

share on:

Leave a Response