Miras Penyebab Utama Kecelakaan Yanengga: Tapi Penjual Miras Tidak Disalahkan

share on:
 Anggota DPRD Mimika Mathius Uwe Yanengga/ Foto: Ricky/Harian Papua

Timika, HP

DPRD Mimika menyoroti sejumlah kecelakaan lalu lintas diawal tahun yang mengakibatkan meninggal dunia karena miras. Anggota DPRD Mimika Mathius Uwe Yanengga menilai setiap kecelakaan dijalan raya disebabkan miras, namun kenapa pengendara yang disalahkan sedangkan penjualnya tidak pernah disoroti.

“Beberapa kejadian yang terjadi itu disebabkan miras, selama ini penjual tidak pernah disalahkan, tapi setiap ada kejadian berawal dari miras sering kita salahkan itu karena konsumsi miras,” kata Yanengga saat ditemui dikantor DPRD Mimika, Kamis (16/1).

Menurutnya, selama ini tidak ada solusi bagi miras di Mimika, penjual miras seakan tidak mau tahu dengan banyaknya warga yang meninggal lantaran miras justru semakin marak penjualan miras.

Selama ini rakyat selalu menjadi korban karena miras, karena tidak ada larangan atau dibabtasi, aturan yang telah dibuat didaerah terkait pelarangan miras sering bertentangan dengan aturan diatasnya.

“Saat ini kita lihat dan dengan beberapa kejadian kecelakaan itu karena miras tapi sampai saat ini juga tidak ada solusi,” jelasnya.

Banyak yang menyuarakan tentang pelarangan miras, baik dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan masih banyak lagi, yang mana keberadaan miras di Mimika menjadi momok menakutkan bagi masyarakat, namun masih saja diperjualbelikan.

Berbagai tokoh sudah menyuarakan ini, tapi sampai saat ini miras masih beredar di mana-mana,” ungkapnya.

Dirinya berharap, pihak kemanan dalam hal ini TNI Polri bisa menertibkan produksi miras lokal yang ada di Mimika, dan juga kepada Sat Pol PP untuk menjalankan perda miras tersebut agar tidak sembarang orang bisa membeli, selain itu kepada masyarakat agar sadar akan bahaya miras bagi generasi muda di Mimika.

“Saya berahap kepada TNI Polri tertibkan miras lokal dan sat pol pp untuk pertegas kepada penjual miras berdasar Perda yang telah dibuat. Kami merasa bersalah, para penjual miras bolehlah mencari keuntungan tapi kamu korbankan orang lain,” harapnya. (rik)

share on:

Leave a Response