Penempatan Personil Tunggu Semua Pos Terpadu Rampung

share on:
Suasana di kampung Utikini Distrik Tembagapura/ foto: Joseph Situmorang/HP

Timika, HP

Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto mengatakan, Polres Mimika belum menempatkan anggotanya di Pos Terpadu di Kampung Utikin, Tembagapura sesuai rencana. Karena, saat ini pihaknya masih menunggu penyelesaian pembangunan satu pos terpadu lagi.

“Kita masih tunggu, sekarang sedang dalam pekerjaan dan sudah ada penunjukan ke loker kontraktor yang langsung menangani pekerjaan itu,” kata Kapolres saat ditemui wartawan seusai mengikuti kegiatan syukuran HUT TNI ke 73 di Aula Benteng Merah Putih Kodim Mimika, Jumat (5/10).

Kapolres mengatakan, tujuan dibangun Pos Terpadu di Utikini, karena lokasi di sana adalah perbukitan. Sehingga cocok dijadikan pos pengawasan atau menjadi detektor terhadap adanya pergerakan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB).

“Jadi adanya pos tersebut disitu bisa menjamin kegiatan-kegiatan di Pos Terpadu lainnya,” ujarnya.

Kapolres menambahkan, untuk saat ini realisasi pekerjaan Pos Terpadu di Utikini sudah mencapai 99 persen. “Kemarin kita sudah cek disana, sehingga pos itu ada baru pos terpadu lainnya bisa ditempati anggotanya,” ujarnya.

Seperti diketahui bahwa Pos Terpadu ini merupakan pos bersama yang akan disi oleh personil dari Polsubsektor, Polres sebagai Satgas Panwil dan juga akan diisi anggota Koramil dan Kodim.

Pos Terpadu dibangun selain mengawasi pergerakan KKB, juga sebagai mengawasi atau mencegah terjadi masuknya Non Karyawan (NK) yang akan melakukan pendulangan liar.

“Ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat di kampung-kampung sekitar Tembagapura,” ujar Kapolres. (joe)

share on:

Leave a Response