Penipuan Online Marak, Masyarakat Diminta Waspada

share on:

Timika, HP

Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Muhammad Burhanuddin Y. Hanafiah SH., SIK, mengatakan, saat ini penipuan melalui dunia maya terus mengalami peningkatan di Timika. Oleh karena itu dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Mimika agar selalu waspada.

“Untuk tahun 2020 diawal Januari ini saja sudah ada 10 kasus penipuan Online,” kata Hanafiah saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (16/1).

Modus operasi yang sering digunakan oleh para pelaku adalah menawarkan barang-barang dengan harga murah di Facebook maupun di media sosial lainnya. Namun setelah korban mentransfer sejumlah uangĀ  ternyata pelaku tidak mengirim barangnya bahkan pelaku tidak bisa dihubungi kembali setalah uang ditransfer.

Modus lainnya adalah pelaku menelepon korban dan memberitahukan bahwa anak ataupun anggota keluarga korban saat ini dalam masalah atau kecelakaan, setelah itu pelaku meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang.

Modus lainya adalah pelakuĀ  menelepon korban dan menyampaikan bahwa korban mendapatkan hadia berupa mobil, pelaku lalu meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang

Oleh kerana Kasat Reskrim Hanafiah meminta kepada seluruh masyarakat agar jika mendapatkan modus modus seperti tersebut agar tidak merespon ya apalagi mentransfer sejumlah uang karena hal tersebut hanyalah penipuan. “Rata-rata pelakunya berada di luar Timika,” kata Hanafiah. (sel)

share on:

Leave a Response