Sudah Lama Diincar, Polisi Akhirnya Bekuk Pentolan KKB Iris Murib

share on:

Timika, HP

Salah satu pentolan yang juga pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Iris Murib, sudah lama menjadi target penangkapan aparat kepolisian. Pasalnya, Iris terlibat  dalam beberapa kasus perampasan senjata dan pembunuhan sadis terhadap anggota Polri.

Iris Murib yang terkenal keras dan sadis dalam melakukan aksi-aksinya, akhirnya berhasil dibekuk oleh Tim Khusus Polda Papua dan Satgas Nemangkawi di Kali Pinda-Pinda, Jalan Trans Nabire, Distrik Iwaka, Kamis (21/11) sekitar pukul 14.21 WIT.

Iris Murib terpaksa dihadiai tima panas dikakinya  karena melawan petugas saat diamankan. Saat ini Iris Murib sudah dibawa ke  Rumah Sakit Bhayangkara  Jayapura untuk mendapatkan perawatan medis dan selanjutnya  mempertanggung jawabkan perbutaanya yang dilakukannya selama ini.

Berdasarkan  catatan kepolisian Iris Murib memiliki beberapa catatan kejahatan yang luar biasa diantaranya adalah perampasan  senjata dan pembunuhan terhadap dua anggota polisi di  Kota Ilaga medio 2014 dan yang kedua adalah menyerang  Polsek Sinak dan menembak mati tiga anggota polisi.

“Tindakannya cukup keras, brutal dan sadis. Dia merampas senjata kemudian balik menembak  mati dua anggota kita ketika sedang mempersiapkan Natal  pada tahun 2014 di Ilaga, cukup memperihatinkan,” ungkap Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam arahan pada apel pasukan di Mapolres Mimika, Sabtu (23/11).

Berikutinya, sebut Kapolda, Iris Murib menyerang anggota Polsek Sinak. “Pada saat anggota selesai melakukan tugas, malam hari sedang istirahat  dan nonton TV bareng di Polsek itu, tiba-tiba dari belakang mereka masuk kemudian mereka menembak mati tiga anggota kita, yang satu sempat duduk di atas meja. Jadi, sempat  melihat sehingga dia langsung melompat melalui jendela, jatuh dan patah tangan dan dia  menyelamatkan diri ke  Koramil,” ungkapnya.

Kapolda Waterpauw memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada  seluruh tim yang terlibat dalam penangkapan  pimpinan KKB tersebut. “Bapak Kapolri juga memberikan apresiasi atas penangakapan ini dan meminta segera mengungkapkan yang lain,” kata  Waterpauw.

Kapolda menjelaskan, pihaknya sudah lama mengikuti dan memburu pelaku. Kuat dugaan, pelaku menuju Timika dan menunggu kelompok lainnya untuk bersama-sama melakukan tindakan kekerasan bersenjata di wilayah Mimika menjelang 1 Desember 2019.

“Apresiasi kepada seluruh tim yang  bekerja keras sehingga  boleh melumpuhkan salah satu pelaku dan aktor pelaku kekerasan bersenjata ini. Kemarin ditangkap oleh teman-teman kita  yang dikomandoi langsung oleh bapak Kapolres, tepuk tangan juga untuk Kapolres dan teman-teman kita ini,” kata  Waterpauw.

Dengan ditangkapnya Iris Murib memberikan pesan kepada seluruh anggota  kepolisian agar selalu siaga dan waspada  akan segala ancaman yang kapan saja bisa muncul di Kabupaten Mimika. Oleh karena itu Kapolda  meminta kepada   Kapolres Mimika  AKBP  I Gusti Gede Era  Adhita untuk terus meningkatkan patroli di wilayah hukum Polres Mimika guna mencegah hal hal yang bisa mengganggu Kamtibmas  masyarakat Mimika.

“Ini adalah bagian dari rancangan Tuhan untuk kita bisa mengungkap siapa mereka. Kaitan dengan itu menandakan apa, bahwa Anda yang ada di Timika sini, ini di depan mata  bahwa ancaman itu ada dan nyata.  Oleh karena itu , mungkin ini yang saya ingatkan bahwa Anda jangan lengah, selalu mawas diri,” pesan mantan Kapolres Mimika ini. (sel)

share on:

Leave a Response