1000 Anggota Komunitas Pemuda Kei Terima KIS

share on:

Timika, HP

Tercatat mulai tahun 2019 hingga tahun 2020 hasil kerja sama antara BPJS Kesehatan Kabupaten Mimika dan Komunitas Pemuda Kei (KPK) di bidang kesehatan, hampir 1000 lebih anggota KPK yang sudah memilki Kartu Indonesia sehat (KIS) KIS dari BPJS Kesehatan. Sehingga di harapkan  program kerja sama tersebut tetap  berlangsung hingga seluruh warga Kei di kabupaten Mimika bisa memiliki KIS sehingga pengobatannya terjamin.

Ketua KPK Mimika Yosep Temorubun mengatakan bahwa pada tahun 2020 memasuki tahun ke dua dalam menjalin kerja sama, sehingga kedepan BPJS Kesehatan tetap selalu melibatkan KPK Mimika dalam hal sosialisasi terkait KIS. Terutama kepada masyarakat Kei yang sampai saat ini yang belum mendapatkan KIS.

“Sampai hari ini kami terima tahap ke tiga yaitu sekitar 500 lebih Kartu KIS, semoga kerja sama ini tetap berjalan terus. Sehingga masyarakat Kei yang ingin melaksakan pengobatan bisa memanfaatkan kartu KIS tersebut,” kata Yosep saat ditemui di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika, Jumat (17/1).

Yosep mengungkapkan bahwa dengan adanya kerjasama di bidang kesehatan tersebut sangat memberikan manfaat bagi masyarakat Kei khususnya. Pasalnya dengan adanya kerjasama tersebut masyarakat Kei yang ada di Kabupaten Mimika memanfaatkan Kartu KIS tersebut untuk mendapatkan layanana kesehatan.

“Kerjasama ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami oleh sebab itu kami ucapkan terima kasih kepada BPJS yang sudah memberikan kemudahan masyarakat kami dalam mendapatkan kartu KIS,”ungkapnya.

Yosep menghimbau kepada masyarakat Kei yang ada di Kabupaten Mimika yang belum memilki kartu KIS dan ingin mendapatkan kartu KIS tersebut untuk segera mengumpulkan persyaratannya. Persyaratan tersebut hanya KTP dan kartu keluarga.

“Yang dikumpulkan KPT dan Kartu keluarga yang berdomisili di Mimika dan tidak bisa yang berdomisili diluar Mimika,”tuturnya.

Yosep menambahkan jika kedepan kerjasama ini terus berlangsung hingga tercatat seribu lebih atau sekitar 90 persen masyarakat Kei bisa tercover BPJS kesehatan melalyui KIS. Hal tersebut di karenakan banyak masyarakat Kei memiliki masalah finansial sehingga banyak yang melakukan pengobatan dirumah karena tidak memiliki KIS.

“Kami anggota KPK bidang kesehatan terus berjuang untuk tetap menjalin kerjasana dengan BPJS agar masyarakat kami bisa terjamin pengobatannya dengan memiliki kartu KIS,” ujarnya. (reg)

share on:

Leave a Response