157 Mobil Hias Meriahkan Karnaval Nusantara Kabupaten Mimika

share on:
Kendaraan dari Basarnas Mimika saat ikut karnaval Foto: Evan Soenarie/HP

Timika, HP

Kemeriahan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke -74 di Timika masih terus berlanjut. Pada Selasa (14/8), sebanyak 157 unit kendaraan mobil hias melintasi beberapa ruas jalanan protokoler di Timika dengan berbagai corak warna nusantara dan hiasan bendera merah putih.

Karnaval berwawasan nusantara ini diikuti oleh 74 peserta dari berbagai kelompok baik kesukuan, masyarakat, organisasi dan instansi maupun kategorial lainnya. Mereka menyulap kendaraan berbagai variasi yang menarik.

Diantaranya, nuansa yang dihadirkan oleh Komunitas Pemuda Kei adalah menampilkan hiasan perahu sebagai bagian dari corak adat. Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura menghiasi kendaraan mereka dengan aneka sayuran dan berpakaian nusantara.

Lapas Kelas IIB Timika menampilkan tahanan yang dibui di atas kendaraan. Basarnas dan Pemadam Kebakaran Mimika menampilkan berbagai peralatan dan armada. Sementara KONI dan KPU Mimika menghiasi armada mereka dengan seruan sukseskan PON XX dan kotak suara pemilu yang besar.

Menariknya, dalan karnaval ini, Dinas Peternakan berbagi suasana kebahagiaan kepada masyarakat yang menyaksikan jalannya karnaval dengan membagikan telur. Tidak ketinggalan juga dari Malaria Centre yang membagikan brosur.

Karnaval dimulai dari lapangan upacara Pusat Pemerintahan SP3 dan dilepas oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika Marthen Paiding didampingi Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto dan pimpinan OPD Pemda Mimika.

Keseruan dan antusias rombongan karnaval 156 unit kendaraan tersebut menyusiri rute SP 3, Jalan Poros Cenderawasih, Trikora, Bhayangkara, Yos Sudarso, Jalan Budi Utomo dan finish di Graha Eme Neme Yauware.
Disepanjang jalanan yang dilalui, masyarakat Mimika terlihat berdiri menonton dan mengabadikan momen ini menggunakan smartphone mereka. Cuaca hari ini juga begitu bersahabat karena tidak ada hujan seperti biasanya.

Kegiatan ini begitu menyemarakan suasana menyambut HUT tahun ini.

“Masyarakat, OPD dan instansi yang terlibat ada yang mengirimkan beberapa mobil. Ini menandakan antusias mereka dalam memeriahkan HUT kemerdekaan RI. Kebersamaan dan sukacita bersama ini diharapkan tahun depan lebih banyak lagi. Ini juga merupakan bagian dari kehidupan masyarakat,” ujarnya singkat berpesan.

Adapun peserta karnaval Kendaraan Hias Berwawasan Nusantara diantaranya yakni Lapas kelas IIB TIMIKA, Laskar Manguni Indonesia (LMI), Pencak Silat PSHT, BNN Mimika, organisasi masyarakat KPK Mmk, ORARI, Garda Manguni, Brigade Manguni, Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK), Badan Pendapatan Daerah dan Bagian Perekonomian Setda.

Tidak ketinggalan juga KKSS, Ikatan Keluarga Toraja, Distrik Mimika Baru, Bagian Hukum Setda, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Distrik Kuala kencana, KKBSU, KPUD Mimika, Dinas Koperasi Kab. Mimikaz BPKAD Kab. Mimika, Kerukunan Bali, PLN, Dinas Sosial, Dinas Peternakan & keswan, Badan Kesbangpol, DPMPTSP, Dinas Dukcapil, Inspektorat.

Juga, Dinas Kesehatan, Hotel Grand Tembaga, Dinas Perikanan, Bagian Organisasi Setda, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Binmas Noken Polri. (zhu)

share on:

Leave a Response