16 Hotel di Timika Siap Tampung Atlet PON XX

share on:
Kabid Pembudayaan Olahraga Kemenko PMK, Suwito didampingi perwakilan Dinas PMPTSP Mimika Frans Roedolf Msen, saat menyampaikan keterangan dalam konferensi pers di Kantor KONI Mimika, Jumat (11/10). Foto: Ricky Lodar/Hp

Secara keseluruhan kasur yang dibutuhkan

sebanyak 2163 untuk 1442 atlet dan 721 official,

dengan asumsi satu kamar terdapat dua kasur

 

Timika, HP

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI mengunjungi Timika dalam rangka visitasi kesiapan Sub PB PON Kluster Mimika, Jumat (11/10). Kesiapan dimaksud, baik venue maupun akomodasi  dalam menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2020.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenko PMK Suwito mengatakan, dalam visitasi tersebut sebanyak 16 hotel di Timika siap menampung atlet dari berbagai daerah di Indonesia yang akan berlaga dalam ajang PON XX tahun depan.

16 hotel tersebut yakni 3 hotel bintang 4 terdapat 323 kamar, 2 hotel bintang 3 terdapat 181 kamar, 2 hotel bintang 2 terdapat 174 kamar. Sedangkan 9 hotel lainnya terdapat kurang lebih 300 kamar, sehingga totalnya sebanyak 1010 kamar. Jumlah kamar tersebut diluar wisma atlet yang disediakan oleh pemerintah.

“Ada 16 hotel, itu di luar wisma atlet ada 1010 kamar,” ungkap Suwito, didampingi Analis Keolahragaan Kemenko PMK Ahmad Hidayatullah, dan perwakilan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Mimika, Frans Roedolf Msen, dalam konferensi pers di Kantor KONI Mimika, Jumat (11/10).

Terlepas dari 16 hotel yang telah siap, sebut Suwito, sebanyak 23 hotel perlu perbaikan fasilitas pendukung, seperti shower, kloset duduk, air panas, air dingin dan lahan parkir. “Sebanyak 23 hotel yang harus meningkatkan kualitas hotelnya dengan kapasitas sebanyak 561 kamar,” jelasnya.

Untuk perbaikan beberapa hotel tersebut, pihaknya akan meninjau ulang guna memastikan kesiapan hotel-hotel tersebut. “Iya, kami akan cek ulang lagi kesiapan hotel-hotel yang akan di-upgrade,” ujarnya.

Suwito menyebutkan, secara keseluruhan kasur yang dibutuhkan sebanyak 2163 untuk 1442 atlet dan 721 official, dengan asumsi satu kamar terdapat dua kasur, maka jumlah kamar yang ada bisa memenuhi kebutuhkan tempat tinggal atlet dan official.

Suwito mengatakan, berdasarkan hasil rapat terdapat tiga kluster dan satu kabupaten penyangga dalam penyelenggaraan PON XX Papua Tahun 2020. Untuk Kluster Mimika terdapat 9 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan, yakni Aerosport, atletik, basket, biliard, panjat tebing, futsal, bola tangan, judo.

“Cabor PON yang telah disepakati itu ada 37. Jadi, kluster Mimika ini sementara kita putuskan 9 cabor dengan 12 disiplin olahraga. Secara keseluruhan kesiapan akomodasi untuk Sub PB PON Kluster Mimika telah siap dalam penyelenggaraan PON XX,” ungkapnya. (rik)

share on:

Leave a Response