2020, Anggaran Pemeliharaan Taman Mapuruwau Diakomodir

share on:

Timika, HP

Kepala Distrik Mimika Timur (Miktim) Marike Warinussy mengatakan bahwa pada tahun 2020 anggaran pemeliharaan taman Mapuruwau diakomodir oleh Pemkab Mimika.

Dengan diakomodirnya usulan tersebut baru bisa melakukan pemeliharaan. Sejak tahun 2019 kemarin tidak ada anggran pemeliharaan sehingga taman tersebut sudah mulai rusak dan sangat tidak terawat sama sekali.

“Tugu itu sudah rusak dan harus direhab ulang secara keseluruhan, dan kenapa sampai rusak ya, karena memang tidak ada anggaran untuk merenovasi taman tersebut,” kata Marike di kantor Bappeda, Rabu (22/1).

Diketahui taman Mapurupuwau dibangun oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika sejak tahun 2016 silam dan diserahkan kepada pihak Distrik Mimika Timur. Mapurupuwau berasal dari nama seorang tokoh adat masyarakat Kamoro, yang dipercaya telah membuat peradaban baru wilayah adat Mimika dan kini dikenal dengan Mapurujaya, yang sekarang menjadi ibu kota Distrik Mimika Timur.

Lanjut kata Kadistrik, ditahun 2020 baru ada anggaran untuk pemeliharaan, namun pada tahun- tahun sebelumnya tidak ada anggaran untuk pemeliharaan, dan seharusnya kearifan lokal seperti ini harus diperhatikan baik dan harus dirawat

Marike menambahkan bahwa sampai saat ini  cerita dari pada patung Mapurupuwau tersendiri tidak ada yang mengetahui secara jelas, karena pada taman Mapurupuwau tersebut tidak ada spanduk atau batu Prasasti  dengan tulisan yang menjelaskan cerita dibalik patung itu.

Kata dia, membangun kearifan lokal tidak hanya ingin membangun seperti itu saja, akan tetapi juga ingin mengedukasi kepada masyarakat dan juga ingin mengingatkan kepada generasi penerus

“Bagaimana masyarakat dan juga generasi berikutnya ingin mengetahui jika tidak ada gambaran jelas yang bisa mengedukasi masyarakat,” tambahnya.(reg)

 

share on:

Leave a Response