24 Polwan Mulai Bergeser Menuju Puncak Carstenz Papua

share on:

Timika, HP

Sebanyak 24 Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia mulai hari ini, Rabu (2/7) bergesar menuju Distrik Tembagapura untuk mendakian Puncak Gunung Carstenz Pyramid, Papua, dalam rangka peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI dan juga HUT Polwan yang jatuh pada 1 September tahun 2017.

“Mulai besok (hari ini) kita sudah bergerak menuju Kota Tembagapura. Di sana tim akan melakukan latihan lagi untuk mempersiapkan fisik dan mental sebelum melaksanakan pendakian,” kata Mentor Tim Pendaki Carztens Polwan RI, AKBP Siwi Erma  saat ditemui wartawan di kawsan Pelabuhan Pomako, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Senin (1/8).

Tim pendaki tersebut, katanya, mereka diseleksi dari perwakilan 16 Kepolisian Daerah (Polda) dan tiga orang dari Mabes Polri, sehingga total Polwan yang akan melaksanakan eksepdisi di menuju Gunung Carstensz berjumlah 24 orang karena sudah melakukan persiapan selama dua bulan lamanya.

“Dua puluh empat orang ini telah diseleksi melalui dari tahapan tes seperti tes psikologi, tes kesehatan jiwa dan lain sebagai. Polwan-polwan ini juga mereka secara perorangan pernah melakukan pendakian gunung sehingga tidak perlu diragukan lagi,” ujar Siwi.

Siwi menjelaskan, pendakian ini juga bertujuan untuk mempertagas pandangan masyarakat bahwa Polwan dikenal bukan kerena kecantikannya semata, melainkan Polwan juga bisa menunjukan prestasinya di berbagai bidang.

“Sesuai dengan apa yang sampaikan  oleh Kapolri bahwa misi pendakian dilakukan agar menunjukan kepada  masyarakat bahwa Polwan memiliki prestasi, Polwan bisa melakukan apa yang bisa dilakukan oleh Laki-laki, Polwan bukan bisa dilihat karena cantik tapi karena prestasinya,” jelas Siwi.

Untuk mendaki Puncak Carstensz, tim Polwan pun  dibekali aneka pengetahuan serta aturan-aturan karena mereka dilatih oleh para pendaki profesional yang sudah memilik jam terbang tinggi.

“Pelatihnya dari pendaki profesional, kita kerjasama dengan beberapa nama yang sudah terkenal di Seven Summits. Latihan itu meliputi sistim pendakiaan dan latihan panjat dan melati mental bagaimana menghadapi cuaca, mengedalikan emosi dalam kondisi-kondisi tertentu,” jelas Siwi. (sel)

share on:

Leave a Response