32 Guru PNS Ditarik dari Sekolah Negeri

share on:
Jeni Ohestina Usmani Foto: Evan Soenarie/HP

Timika, HP

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mimika menarik 32 guru berstatus aparatur sipil negara (ASN) dari beberapa sekolah negeri. Penarikan itu guna memberlakukan pendisplinan ilmu dan tenaga pengajar di sekolah-sekolah yang.

Kepala Disdik Kabupaten Mimika, Jeni Ohestina Usmani pihaknya melakukan penarikan guru-guru tersebut sebagai upaya meningkatkan mutu pelajaran di sekolah kepada para peserta didik.

“Untuk sementara sudah ada 32 guru PNS yang kita tarik dari SD dan SMP Negeri di Timika. Ini kita lakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah yang ada. Kita mau terapkan aturan, dimana yang boleh mengajar hanyalah mereka yang memiliki background pendidikan guru,” ujar Jeni saat ditemui saat ditemui di Lapangan Kantor Sentra Pemerintahan, Rabu (14/8).

Menurut Jeni, aturan yang ada harus diterapkan sehingga peserta didik benar-benar mendapatkan porsi pendidikan yang pas sesuai batasan umur mereka. Untuk itu, pihaknya menerapkan aturan tersebut di setiap sekolah negeri yang ada. “Pegawai negeri yang dulunya pengangkatan guru yang kategori satu dan dua itu mereka diangkat, tapi bukan yang memiliki dasar keguruan,” ungkapnya.

Jeni menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

Jeni menyebut, selain pendataan guru yang bukan sarjana pendidikan, Disdik Mimika juga akan pertegas untuk guru honor. Apabila tidak diperlukan, sekolah-sekolah negeri tidak boleh menerima honorer lagi.

Jeni menambahkan, para guru yang bukan sarjana pendidikan akan dikembalikan ke pemerintah daerah agar ditempatkan berdasarkan basic ilmunya masing-masing. “Bahkan ada guru yang hanya tamatan SMP diangkat menjadi guru. Itu yang sementara dipertegas oleh Disdik Mimika,” imbuhnya. (zhu)

share on:

Leave a Response