Ada 26 Pos Kamling Aktif di Mimika

share on:

Timika, HP

Kehadiran pos kamling di tengah lingkungan masyarakat tentu sangat membantu pihak kepolisian dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Adanya pos kamling membuat satu wilayah tetap aman dan kondusif, sehingga masyarakat pun bisa melakukan aktivitas sebagaimana mestinya.

Kasat  Binmas Polres  Mimika AKP Ferdinand R Waloni menyebutkan saat ini ada 26 pos kamling yang ada  tersebar di Kabupaten Mimika yang aktif  melakukan kegiatan  ronda dan kegiatan menjaga  kamtibmas di wilayahnya masing masing.

“Setelah kita data, ternyata yang aktif 26 pos kamling. Itu seluruh  mulai dari SP9, SP6, SP5, kemudian SP1 dan SP 4. Pos kamling itu aktivitas setiap malam, mereka berjalan melakukan  ronda wilayah di lingkungannya. Dari kami pihak kepolisian sering  memantau kegitan tersebut dan menyambangi mereka,” ucapnya.

Waloni mengatakan, aktifnya pos kamling dalam menjaga keamana lingkungan tentunya membawa pengaruh positif bagi keamanan di Kabupaten Mimika. Hal ini terbukti  dengan tingkat gangguan kamtibmas di lingkungan   terus mengalami penurunan. “Adanya keberadaan pos kamling ini juga sangat membantu pihak kepolisian,  sehingga  tahun 2020 ini angka kriminalitas semakin berkurang,” ungkap Waloni.

Pantauan Harian Papua, kondisi berbeda terlihat dalam wilayah Kota Timika. Pasalnya, hampir tak kelihatan pos kamling yang aktif dalam lingkungan permukiman warga dalam kota. Padahal tingkat kerawanan selama ini juga terjadi dalam kota, seperti aksi pencurian di rumah-rumah warga.

Belum lagi aktivitas anak dan remaja yang terjerumus dalam perilaku negatif, seperti mengirup lem aibon, mengonsumsi miras hingga mabuk yang memicu tindak kenakalan yang meresahkan warga sekitar. Kejadian demikian sering ditemui pada malam hari di beberapa titik permukiman warga, antara lain di wilayah Sempan dan Gorong-Gorong. Karena itu, warga sangat berharap patroli yang dilakukan aparat keamanan perlu ditingkatkan, terutama pada titik-titik yang dianggap rawan tersebut. (sel)

share on:

Leave a Response