ASN Terlibat Peredaran Miras Siap Dicopot Dari Jabatan

share on:

Timika,HP

Pemerintah Daerah Provinsi Papua siap menjatuhkan sanksi tegas terhadap semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten/ Kota dengan pencopotan jabatan, jika kedapatan terlibat dalam peredaran miras.

Sanksi tegas tersebut dituang dalam Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) Nomor 15 Tahun 2013 tentang pelarangan produksi dan pengedaran Minuman beralkohol di Papua dalam kegiatan penandatanganan pakta integritas oleh Bupati Eltinus Omaleng yang diwakili Wakil Bupati Yohanis Bassang di Hotel Grandtembaga, Kamis (19/10).

Penandatanganan pakta integritas ini disaksikan Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua Doren Wakerkwa dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Papua Musa Isir, SSos.

Doren menegaskan jika ASN melanggar pakta integritas ini akan diberikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yakni diberikan teguran sebanyak tiga kali. Apabila masih dilanggar lagi, maka sanksi terakhir adalah dicopot dari pekerjaanya.

“Sanksi sesuai perundang-undangan adalah beri teguran, beri teguran, beri teguran kalau tidak ada dinon aktifkan, nanti ada surat dari gubernur Papua kepada para bupati diseluruh tanah Papua,” tegas Doren.

Adapun isi dari pakta integritas yang sudah ditandatangani oleh Wabup Yohanis Bassang yakni berisi pernyataan sebagai ASN dilingkup Pemkab Mimika berjanji dan berkomitmen untuk siap melaksanakan Peraturan Daerah Provinsi Papua Nomor 15 Tahun 2013 tentang pelarangan, produksi danĀ  pengedaran Minuman beralkohol di Provinsi Papua.

Semua ASN juga harus mendukung Perdasus ini dengan siap bekerjasama dengan instansi terkait dalam melakukan pengawasan terhadap adanya produksi dan pengedaran, penjualan Minuman Beralkohol di Mimika.

Selanjutnya ASN harus berkomitmen untuk tidak mengkonsumsi, mengedarkan dan menjual minuman beralkohol baik dilingkup Pemkab Mimika maupun di Papua serta dilingkungan tempat tinggal. Kesepakatan ini sejak ditandatangani kemarin, harus siap dilaksanakan jika tidak ASN harus menerima sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. (ina)

 

Tags:
share on:

Leave a Response