Bantu Kebutuhan Gizi Warga, PKK Kembangkan Kebun Terapung di Pulau Karaka

share on:
PKK - Wakil Ketua TP-PKK Mimika Ny Agustina Bassang bersama pengurus PKK lainnya pada sutau kesempatan acara belum lama ini. Foto: Evan Soenarie/HP

Timika, HP

Guna meningkatkan kebutuhan gizi masyarakat, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Mimika mengedukasi warga Pulau Karaka, Kampung Amamapare, Distrik Mimika Timur Jauh, untuk memanfaatkan halaman sekitar dengan mengembangkan tanaman sayuran.

Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Mimika Ny Agustina Bassang mengatakan pihaknya membangun kebun terapung di Pulau Karaka sejak tahun 2015 lalu, dan telah berhasil membantu warga Pulau Karaka dalam memenuhi kebutuhan sayur mayur.

“Ini bentuk komitmen kita kepada masyarakat. Kita tahu sendiri bahwa warga pesisir pantai sangat jarang mengonsumsi sayur. Tapi dengan inovasi yang kami buat, akhirnya berhasil memberikan kebutuhan gizi nabati bagi warga setempat,” ujar  Agustina kepada Harian Papua, Sabtu (15/6).

Agustina mengatakan, untuk tahun ini kebun terapung tersebut akan dibuat permanen sekaligus sebagai hasil karya TP-PKK Kabupaten Mimika periode 2014-2019 bagi warga Mimika.

“Untuk tahun ini kami sudah memprogramkan agar kebun terapung yang ada bisa dibuat secara permanen. Karena hasil sayur dan tanaman obat lainnya sangat bermanfaat bagi warga. Bukan hanya sayur dan tanaman obat, beberapa jenis buah juga ditanam di sana,” paparnya.

Selain Pulau Karaka, sebut Agustina, TP-PKK Mimika juga telah mencoba membangun kebun terapung di Kokonao, Distrik Mimika Barat. Namun hingga kini belum ada laporan yang pasti mengenai keberhasilannya.

“Intinya, kami mau agar warga pesisir bisa mendapatkan sumber gizi dari sayur mayur yang bertujuan membantu mereka dalam melawan penyakit. Karena dengan mengonsumi makanan bergizi akan membuat daya tahan tubuh semakin kuat,” imbuhnya.

Kebun terapung di Pulau Karaka itu sebelumnya pernah ditinjau oleh TP-PKK Provinsi Papua, sekaligus menjadikan kebun terapung TP-PKK Mimika sebagai pilot project dalam mengembangan tanaman sayuran di wilayah yang tidak memiliki lahan yang luas, atau di wilayah perairan. Langkah pendirian kebun terapung tersebut juga diapresiasi oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng sebagai bentuk kepedulian TP-PKK Mimika bagi kesehatan masyarakat. (zhu)

share on:

Leave a Response