Bantuan Mimika Peduli Sulteng Rp1,06 Miliar

share on:
BANTUAN - Baznas Mimika mulai mengirimkan bantuan berupa barang kepada para korban bencana di Sulteng melalui Pelabuhan Nusantara Pomako, Minggu (7/10)./ Foto: Istimewa

Timika, HP

Penggalangan bantuan kemanusiaan di Kabupaten Mimika bagi korban bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (sulteng) mencapai hasil menakjubkan. Para relawan berhasil mengumpulkan uang dari warga Kota Timika hingga Minggu (7/10) sebanyak Rp1.067.889.000.

Bantuan dari warga tersebut digalang oleh organisasi dan komunitas warga di Kota Timika yang dikomandoi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mimika.

Jumlah itu belum terhitung bantuan berupa barang yang dikumpulkan warga Timika. Baznas Mimika sebagai pusat komando penggalangan bantuan telah mengirim barang sebanyak 8 ton ke Makassar melalui Pelabuhan Nusantara Pomako, Minggu (7/10).

“Ternyata ada kapal yang sediakan satu kontainer kapasitas 25 ton khusus untuk pengiriman bantuan fisik, itu bebas biaya. Maka kami kembali menerima bantuan barang dari warga,” kata Ketua Baznas Mimika, Umar Habib kepada wartawan.

Umar Habib menyarankan, bantuan berupa barang sebaiknya mempertimbangkan kebutuhan utama para korban. Menurutnya, para korban di Sulteng saat ini paling membutuhkan sembako termasuk air minum. “Tenda, selimut, alas tidur, dan perlengkapan dan makanan bayi juga sangat dibutuhkan korban saat ini,” ungkapnya.

Rencananya, Kamis (11/10) relawan Baznas Mimika beserta tenaga ahli kesehatan, trauma healer, emergency dan evakuasi akan akan bertolak ke Makasaar membantu para korban. (bur)

share on:

Leave a Response