Bappeda Lakukan Pelatihan dan Sosialisasi e-Planning

share on:
Suasana sosialisasi E-Planing diruang rapat Kantor Bappeda Kabupaten Mimika Kamis (14/3) Marsel Balawanga/HP

Timika, HP

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika melakukan sosialisasi dan pelatihan aplilasi e-planning kepada para Kasubag Program di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Mimika, di ruang rapat Kantor Bappeda, Kamis (14/3).

“Jadi kita sosialisasikan ini untuk bagaimana teman-teman di OPD mengisi perencanaannya tahun 2020 dalam renja mereka,”tutur Lalu Mikson, Kepala Bidang Pengendalian pada Bappeda usai kegiatan kepada wartawan, Kamis (14/3).

Mikson mengatakan, kegiatan ini hanya pelatihan aplikasi e-planing yang nantinya kemudian disosialisasikan RKPDnya Pemerintah Daerah sehingga OPD ini menyususun renja itu sesuai dengan rencana awal RKPD yang ada. Selain itu juga sesuai arahan bupati dan presiden serta pokir-pokir itu yang akan menjadi rujukan OPD untuk penyusunan renja dalam e-planing tahun 2020 mendatang.

“Memang kemampuan fiskal kita belum begitu baik sehingga kami sarankan ke OPD untuk acuan penyusunan renjanya menggunakan pagu tahun lalu mungkin menambah 10-20 persen sedangkan usulan prioritas mungkin karena kegiatan PON akan disampaikan secara tertulis ke Bappeda supaya disampaikan ke tim anggaran,”tutur Mikson.

Mikson mengatakan, apa yang diusulkan melalui e-planing sudah mutlak diakomodir dan juga masih ada kemungkinan berubah di KUA. Karena, pada penyusunan KUA nantinya ada kemungkinan masih bisa berubah .

” kalau ada kegiatan yang mendesak dan itu kebijakan pak bupati tetap akan di akomodir namun sekarang yang disusun adalah tupkosi teman teman di OPD itu. tapi kalau ada kebijakan lain dari Pak Bupati tetap di akomodir ,” kata Mikson

Lanjut Mikson, semoga dengan diimplementasikannya aplikasi e-Planning dapat membantu Kabupaten Mimika dalam melakukan perencanaan pembangunan daerah dengan baik.

“Penerapan e-Planning dilakukan demi terwujudnya sistem pemerintahan yang transparan, partisipasif, responsif, efesien dan akuntabel,” ujarnya.(sel)

share on:

Leave a Response