Bawaslu Beri Peringatan Terakhir Bagi Pelanggaran Pemasangan APK

share on:
Bawaslu saat menertibkan APK yang dipasang di tempat-tempat terlarang/Dok/ HP

Timika, HP

Komisioner Bawaslu dari Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Budiono memastikan pihaknya akan memberikan surat peringatan terakhir kepada Parpol yang calegnya melanggar pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Karena Bawaslu sudah dua kali menurunkan APK yang terpasang pada tempat yang dilarang seperti Bandara dan sepanjang Jalan Cendrawasih.

Budiono mengungkapkan, dari dua kali penertiban tersebut, Bawaslu sudah menertibkan sebanyak 22 APK. Namun, Bawaslu belum pernah melakukan pemanggilan terhadap partai atau caleg yang bersangkutan. Hal itu dikarenakan pihaknya hanya berurusan dengan parpol dan bukan calegnya.

“Kita memang hanya menyurat ke parpol dan kita ingatkan. Memang untuk pelanggaran seperti itu mekanismenya kita memerintahkan untuk menurunkan APK. Kalau tidak diindahkan ya kita turunkan,” kata Buduiono saat ditemui wartawan di kantor Bawaslu , Jumat (8/1).

Budiono juga menyampaikan, jika ke depannya masih ada caleg yang memasang APK di tempat yang telah dilarang, pihaknya akan menjadikan hal tersebut sebagai temuan untuk diproses lebih lanjut.

“Ini sudah dua kali kami tindaki dan terakhir kami sudah coba serahkan ke Panwaslu Distrik Mimika Baru dan Kuala Kencana sehingga mereka yang akan menertibkan saat ini,” ungkapnya.

Penertiban APK oleh Panwaslu Distrik sebut Budiono adalah kewenangan dari Panwaslu itu sendiri. Meskipun sampai saat ini belum ada penyampaian secara resmi, namun ia memastikan Panwaslu Distrik khususnya Panwaslu Distrik Mimika Baru dan Kuala Kencana sudah memegang data APK Caleg yang masih terpasang.

“Sanksi terberatnya (kalau masih dilakukan) yah paling tidak boleh memasang APK. Kecuali dalam APKNya mungkin ada unsur yang mengancam keutuhan Negara, baru mungkin dia bisa didiskualifikasi. Namun sebelum itu kita pastikan akan ada pleno untuk mencari sanksi yang lebih tepat. Sampai sejauh ini belum ada sih,” ujarnya. (reg)

 

share on:

Leave a Response