Bawaslu Mimika Resmikan Kantor Baru

share on:
Ketua Bawaslu Mimika Yonas Janampa saat menyampaikan sambutannya dalam peres,ian kantor baru Bawaslu Mimika/Ryeno guritno/ HP

Timika, HP

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika meresmikan kantor baru yang terletak  di jalan Jeruk SP II, Sabtu (12/1). Peresmian kantor baru Bawaslu Kabupaten Mimika dikemas dengan ibadah syukur dengan mengambil tema,  Dengan pertolongan Tuhan bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu.

Ketua Bawaslu Mimika Yonas Janampa mengatakan, Pemilu 2019 ini merupakan pesta demokrasi untuk memilih presiden dan wakil presiden,serta DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten. Bawaslu dan KPU merupakan penyelenggara pemilu. Namun disini Bawaslu bertugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu. Sementara KPU yang melaksanakan tahapan-tahapan Pemilu, mulai dari awal sampai  akhir.

“Tugas Bawaslu diatur dalam Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Sehingga hari dijalankan dengan baik,” kata Yonas.

Yonas juga mengatakan, tugas kita di Pemilu 2019 ini lebih berat dibandingkan Pilkada 2018 kemarin. Dimana ada ratusan masyarakat yang mencalonkan diri sebagai wakil rakyat.Dari ratusan orang tersebut, tentunya ada yang dari keluarga maupun teman kita. Karenanya tugas di Pemilu 2019 ini sangat berat.

“Mimika setiap pelaksanaan Pemilu selalu bermasalah. Karenanya dibutuhkan keprofesionalan untuk menciptakan keadilan,”tuturnya.

Yonas menambahkan, dan sudah ditekankan mulai pusat, provinsi, kabupaten, dan distrik untuk bersikap netral. Serta berada ditengah-tengah dengan menjalankan tugas sesuai aturan yang berlaku. Oleh itu dibutuhkan keprofesionalan untuk menciptakan keadilan. Tapi Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri, dan butuh dukungan semua pihak

“Apabila anggota Bawaslu baik tingkat kabupaten maupun distrik, memihak salah satu kelompok maupun orang, maka pelaksanaan Pemilu akan kacau,”ujarnya.(reg)

share on:

Leave a Response