BBGRM dan Pekan Inovasi Daerah 2018, Media Informasi Pembangunan dan Potensi Distrik

share on:
BERSAMA - Sekda Mimika Ausilius You, Forkompinda, Kadis PMK Mimika Michael Gomar bersama para kepala distrik se-Kabupaten Mimika pada pembukaan BBRGM Tahun 2018 di Graha Eme Neme Yauware, Selasa (9/10)./ FOTO : Marsel Balawanga/HP

Timika, HP

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Mimika menggelar Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan pameran Pekan Inovasi Daerah  tahun 2018 yang dipusatkan di Graha Eme Neme Yauware. Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekda Mimika Ausilius You, Selasa (9/10).

“Kegiatan ini untuk menginformasikan  hasil-hasil pembangunan  dan potensi unggulan di distrik.  Pameran ini juga sebagai potret potensi distrik, sarana prasarana yang telah dilaksanakan dan dibangun di distrik. Pameran ini  dapat mengaplikasikan maksud dan tujuan pembangunan di distrik-distrik, dimana kita berdomisili dan kita berkarya,” kata Sekda You dalam sambutannya.

Sekda You mengatakan potensi unggulan di kampung dan distrik nantinya siap didorong untuk dikembangkan sehingga bisa membantu percepatan pembangunan. Dengan demikian, tentunya dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, Sekda You berharap selama pelaksanaan BBGRM dan pameran Pekan Inovasi Daerah  tahun 2018 ini, perlu dukungan dan partisipasi  seluruh kompopen masyarakat. Dengan demikian, program bulan bakti gotong royong  masyarakat  benar-benar merupakan pembangunan  yang berasal dari rakyat, untuk rakyat  dan dilaksanakan oleh rakyat, serta hasil yang diharapkan juga bermanfaat bagi kepentingan rakyat.

Sekda You mengatakan  BBGRM dan pameran Pekan Inovasi Daerah tahun 2018 juga merupakan momentum  bersama untuk mengingatkan semua pihak tentang arti pentingnya gotong royong, terutama generasi penerus yang akan memikul sejarah ke depan. “Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, gotong royong dan kewaspadaan serta kesadaran masyarakat dalam mendukung pembangunan,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Mimika Michael Gomar mengatakan  kegiatan BBGRM  dan  pameran Pekan Inovasi Daerah Tahun 2018 untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dan semangat kebersamaan serta gotong royong  dalam keanekaragaman pembangunan di daerah. Selain itu,  memberikan informasi kepada seluruh masyarakat Mimika tentang program-program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat  yang sudah dilaksanakan di 18 distrik, 19 kelurahan, 133 kampung  se-Kabupaten Mimika.

Peserta yang ikut terdiri dari 18 distrik, 19 kelurahan dan 133 kampung, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, SMK Philadelpia, Bank Papua, Hotel Grand Mozza, Telkomsel, kumpulan perpustakan desa-kampung dan GKI Lahenroi. Pameran ini dimulai hari ini dan berakhir pada hari  Jumat,” ujarnya.

Gomar mengatakan melalui kegiatan itu juga akan dilaksanakan pendatanganan MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan  dan penyerahan  BPJS Ketenagakerjaan kepada 2.614 orang yang terdiri dari 398 aparat kampung, 695 orang Bamuskam dan 1.021 orang RT-RW  se-Kabupaten Mimika.

“Kami melakukan penadatangan MoU yang nanti akan ditandatangni oleh Bupati diwakili Sekda Mimika dengan BPJS tenaga kerja Kabupaten Mimika yang memberikan jamiman keselamatan kepada aparatur kampung, Bamuskam dan RT dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka, jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan kerja dan lain hal, mereka bisa mendapatkan santuan dari BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Gomar menambahkan Pemkab Mimika pada tahun 2018 juga mendapat program inovasi desa dari Kementerian Desa  yang nantinya akan dilakukan penandatangan MoU di Provinsi Papua. “Pendatanganan MoU besok di Jayapura, alokasi anggaran sebesar satu miliar lebih  yang nanti akan dialokasikan  untuk  pelaksanaan Bursa Inovasi  Desa kepada 133 kampung  yang akan dikelola oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di 18 distrik,” ungkapnya.

Dalam kegiatan BBGRM dan pameran  Pekan Inovasi Daerah Tahun 2018  ini, sebut Gomar, juga melibatkan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika yang menampilkan lomba cipta menu. Selain itu, perekaman e-KTP oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mimika, serta pembagian bibit pinang oleh Dinas Pertanian Kabupaten Mimika.

Selama kegiatan tersebut juga akan dimeriahkan dengan beberapa kegiatan perlombaan, seperti lomba seka, standup komedi, pembagian doorprize, dan juga hiburam masyarakat lainnya.

Hadir dalam kegiatan pembukaan BBGRM dan pameran Pekan Inovasi Daerah Tahun 2018, Forkompinda Kabupaten Mimika, pimpinan OPD lingkup Pemkab Mimika, para kepala distrik, kepala kelurahan dan kepala kampung se-Kabupaten Mimika. (sel)

share on:

Leave a Response