Beny : Perpustakaan Hadir di 12 Wilayah Kampung Pesisir

share on:
Benediktus Renyaan Foto: Evan Soenarie/HP

Timika,HP

Guna meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) diwilayah pedalaman, Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menghadirkan perpustakaan untuk masyarakat di 12 kampung di pesisir Mimika.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika, Benediktus Renyaan saat ditemui wartawan di Hotel Horison Jalan Hasanuddin, Rabu (11/9) mengatakan, bahwa itu dilakukan sebagai wujud gerakan mencerdaskan anak bangsa.

“Kalau di pesisir ada 12 perpustakaan kampung yang kita bina. Kita komunikasikan dengan kepala-kepala kampung setempat untuk bisa mengalokasikan sebagian dari dana desa untuk pembangunan perpustakaan kampung. Kita juga akan bantu, rencananya kita ajukan dalam APBD-P kalau disetujui,” tuturnya

Katanya, program ini baru berjalan di tahun 2019 ini setelah dilakukan wisata literasi ke 12 kampung tersebut. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah bersepakat dengan masing-masing perangkat desa.

“Kita bantu buku, rak dan lemari. Sedangkan gedung dibangun oleh Kampung melalui dana desa,” kata Beny.

Setelah melakukan wisata literasi itu, pihaknya melihat tingginya animo pelajar dan masyarakat untuk membaca.

“Untuk tenaga kita akan latih aparat kampung atau guru di kampung untuk kelola perpustakaan,” ujar Beny.

Sementara di dalam kota Timika kata Beny, ada sembilan perpustakaan kampung yang dibina oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Ia menambahkan, untuk perpustakaan keliling saat ini masih ada dua unit mobil yang masih mengikuti rute ke sekolah-sekolah.

“Rute ke semua sekolah SD, SMP, SMA dan daerah pinggiran seperti Mapurujaya,” tambahnya.

Belakangan kata Beny, banyak pihak sekolah yang meminta kepada Dinas untuk mendatangkan perpustakaan keliling ke sekolahnya.

“Yang ada di dalam mobil perpustakaan, kalau destinasi SD isinya buku cerita, Kalau SMP dan SMA berarti buku cerita dicampur dengan buku pengetahuan,” imbuhnya. (Zhu)

share on:

Leave a Response