Berantas Miras Perlu Ada Sinergi Lintas Sektor

share on:
Anggota DPRD Kabupaten Mimika, Anton Pali', SH. Foto:Evan Soenarie/HP

Timika,HP

Minuman keras (Miras) yang hingga kini masih beredar bebas di Kabupaten Mimika harus diberantas total, mengingat konflik yang terjadi di  Timika selama ini diakibatkan oleh Miras.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Anton Pali’ saat ditemui Harian Papua dikediamannya, Jalan Busiri Ujung, Sabtu (30/11) mengatakan, bahwa sudah seharusnya Miras diberantas dari Kabupaten Mimika, karena tidak memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Harapan kami adalah kalau mau berantas Miras, harus dilakukan secara bersama-sama. Sinergitas itu sangat perlu,” tuturnya.

Dijelaskan, bahwa sinergitas antara Pemda Mimika, DPRD dan aparat penegak hukum sangat diperlukan, sehingga ketika melakukan penertiban bisa membuahkan hasil yang maksimal.

“Namun yang terjadi selama ini di Timika adalah, belum adanya koordinasi yang tepat sehingga penertiban Miras belum berjalan maksimal,” ujarnya.

Kendati demikian, walaupun Miras tidak bisa diberantas secara total, menurutnya Miras harus ditertibkan dalam peredaran dan penjualan.

“Kita bisa ambil contoh di Bali dan Toraja. Meski dijual bebas, tapi tidak ada yang mabuk di jalan. Mungkin Pemda Mimika bisa mengatur langkah teknisnya seperti apa, supaya tidak ada lagi pemabuk yang kita jumpai dijalan. Dengan demikian, program pembangunan bisa berjalan dengan baik menuju Timika yang aman dan sejahtera,” imbuhnya.(Zhu)

share on:

Leave a Response