BPKAD : Masih Banyak OPD yang Belum Input Dana DAK

share on:
Marthen Melissa /Foto : Marsel Balawanga/HP

Timika, HP

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Dearah (BPKAD) Marthen Melissa  mengakui sampai saat ini masih banyak program yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Mimika yang belum terinput di OM-SPAM.

Hal ini disampaikan Melissa  saat ditemui di Kantor Sentra Pemerintah SP 3 Senin (13/5) kemarin.

“Dana DAK masih jalan ditempat. Katanya sudah ada proses lelang tapi belum ada juga yang diinput di OM-SPAM. Maka saya harapkan kepada teman teman pengguna DAK supaya  di genjot dan di perhatikan apa yang sudah di instruksikan oleh pak bupati pada pertemuan sebelumnya di Pandopo Rumah Negara,” kata Marthen.

Marthen mengakui bahwa keterlambatan dalam melakukan penginputan di OM-SPAM tentunya hal ini akan berpengaruh pada proses transfer dana DAK tahap satu dan bisa juga dana tersebut akan batal transfer jika OPD terkait tidak secepat melakukan penginputan.

“Kita kewatir sampai bulan Juni tidak  masuk itu bisa ditunda transfer dana DAK semester pertamanya. Dan kalau ditunda itu sangat berpengaruh kepada APBD kita terutama dalam penerimaan” kata Marthen.

Dijelaskan, jika ada OPD yang mengakui  sudah melakukan penginputan di OM-SPAM maka mungkin baru beberapa progam saja yang baru terinput.

“Mungkin sudah tapi satu satu  yang masuk ke OM SPAM tapi itukan tidak berpengaruh karena dievaluasi itu per bidang, seharusnya semuanya karena sangat berpengaruh,” kata Marthen.

Dijelaskannya bahwa seharusnya OPD yang mengelola dana DAK tersebut sudah selesai melakukan penginputan karena APBD kabupaten Mimika sudah ditetapkan pada bulan Desember tahun 2018 lalu.

“Seharusnya sudah selesai dan itu dari Januari kita sudah kasih tahu . Kita penetapan APBD kan bulan Desember tahun tapi sampai ini belum ada pergerakan,” kata Marthen.(sel)

share on:

Leave a Response