Bupati Apresiasi Kampung Kaugapu Bangun Sekolah Dengan DD

share on:
Mewakili Bupati Mimika Asisten III Nyoman Putu Arka menggunting pita peresmian gedung baru sekolah TKK Terang Kristus Kaugapu Foto : Ryeno guritno/ HP

Timika, HP

Bupati Mimika Eltinus Omaleng SE MH memberikan apresiasi kepada warga kampung Kaugapu Distrik Mimika Timur yang menggunakan Dana Desa (DD) untuk membangun sekolah. Hal tersebut di sampaikan Bupati yang dibacakan oleh Asisten III Setda Mimika I Nyoman Putu Arka, dalam sambutan peresmian gedung baru sekolah Taman Kanak kanak Kristen (TKK) YPPK Terang Kristus yang di bangun menggunakan DD tahun 2018 dan 2019 di Kampung Kaugapu, Selasa (10/9).

Menurut Bupati Omaleng pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat penting dalam membina moral dan perilaku anak-anak kedepan. Pendidikan anak usia dini juga akan menciptakan generasi muda yang berkualitas untuk membangun daerah ini dan khususnya untuk negara nantinya.

“Atas nama Pemkab dan pribadi, saya ,menyambut baik dengan berdirinya gedung sekolah TKK Terang Kristus kaugapu. Dengan berdirinya sekolah tersebut merupakan wadah bagi para penerus bangsa yang akan mengantarkan kabupaten Mimika menjadi kabupaten yang lebih baik terutama dalam dunia pendidikan, yang mampu menghasilkan anak-anak dengan kualitas dan karakter yang baik,” tutur Bupati.

Bupati mengatakan pendidikan anak usia dini merupakan investasi SDM yang sangat penting, dengan adanya gedung baru tersebut diharapkan kepada para pemnerhati pendidikan usia dini untuk dapat memahami model pembelajaran sentra bagaimana anak-anak diajarkan dengan cara bermain sambil belajar. Hal tersevut bertujuan untuk menciptakan daya cipta anak dan memacu anak untuk mengetahui berbagai macam ilmu pengetahuan, pendekatan budi bahasa, agama, sosial, fisik dan kemandirian.

Lanjutnya Bupati berpesan agar gedung baru yang sudah dibangun menggunakan DD agar dapat dimanfaatkan dengan baik, untuk mendidik dan memberikan nilai-nilai luhur budi pekerti yang baik. Sehingga anak-anak dapat bertumbuh menjadi anak-anak yang memiliki karakter yang berintegritas.

“Kehadiran TK ini sebagai mitra utama keluarga dalam pendidikan anak usia dini merupakan wadah bagi orangtua, pendidik dan pengelola dalam mendidik permata-permata bangsa yang diharapkan dapat membantu pertumbuhan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam meng hadapi pendidikan lebih lanjut,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Distrik Mimika Timur Marike Warinussy dalam sambutannya mengatakan pembangunan sekolah tersebut merupakan langkah tepat yang dilakukan oleh Kampung Kaugapu dalam memanfaatkan DD untuk pembangunan kampung di bidang pendidikan. Sehingga anggran DD yang diberikan pemerintah pusat benar-benar di gunakan untuk pembangunan dikampung-kampung sesuai dengan kebutuhan masyarakay kampung.

“Ini sangat luar biasa buat kami dan masyarakat kampung Kaugapu sangat memahami terkait penggunaan dan manfaat DD digunakan untuk pembangunan kampungnya,”ujar Kadistrik melalui sambutannya yang cukup singkat. (reg)

share on:

Leave a Response