Bupati Imbau Pelajar-Mahasiswa Tidak Pulkam

share on:
Eltinus Omaleng Foto : DOK/HP

Timika, HP

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengimbau para pelajar dan mahasiswa Mimika yang  sedang mengenyam pendidikan di luar Papua agar tetap berada di kota studi dan mengikuti aktivitas  belajar seperti biasa. Imbauan agar tidak pulang kampung (pulkam) setelah pihak keamanan menjamin keamanan pelajar dan mahasiwa Mimika di kota studi.

“Kemarin kan  imbauan yang sama dari setiap bupati se-Papua dan Papua Barat agar anak-anak tidak pulang. Mereka harus tetap di tempat  sampai kodisi di sana kondusif,” pesan Bupati Omaleng, saat ditemui di Hotel Grand Mozza,  Rabu (11/9).

Omaleng mengatakan pihaknya segera mendatangi kota-kota studi untuk melihat secara langsung kondisi kenyamanan pelajar dan mahasiswa asal Mimika. Nantinya Pemkab Mimika dan Forkompinda bersama sama turun melihat secara langsung di lapangan. “Tiap kabupaten bentuk  tim sendiri-sendiri untuk  mengecek langsung di setiap kota studi.  Dalam satu dua hari ini tim sudah  turun,” kata Omaleng.

Seperti diketahui, pasca terjadi gejolak di Papua akibat pernyataan rasis dari oknum-oknum tertentu  terhadap mahasiswa Papua di Jawa Timur membuat pelajar dan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di luar  Papua menjadi khawatir dan takut,  ditambah informasi hoaks yang  membuat mereka ketakutan beraktivitas di kota studi masing-masing.

“Sehingga kami akan turun langsung. Kita akan turun dan mengecek. Kita punya pelajar dan mahasiswa yang studi di Jawa Bali itu berjumlah 1.300 orang. Kalau kita suruh mereka pulang, kita mau tampung dimana? Barusan Pak Gubernur telepon saya. Bupati se-papua dan Papua Barat mau rapat besar di Jayapura hari Senin untuk menyikapi persoalan ini,” kata Omaleng. (sel)

share on:

Leave a Response