Bupati Janji Ada Giliran Untuk Pejabat Eselon III dan IV

share on:

Timika,HP

Usai melantik para pejabat eselon II, Bupati Eltinus Omaleng siap merolling dan melantik para pejabat eselon III dan IV dilingkup Pemerintah Kabupaten Mimika. Agenda sebenarnya pelantikan ini berbarengan, namun karena kendala teknis, ratusan pejabat setingkat Sekretaris dan Kepala Bagian ini ditunda sampai pekan depan.

Hal itu diungkapkan Bupati Omaleng usai melantik para pejabat Eselon II di Pendopo Rumah Negara, Rabu (10/1). “Ada salah teknis, kita susun itu karena ada teman punya orang yang masuk, saya punya teman masuk, begitu-begitu jadi mereka yang tadinya non job kita akomodir, orang yang ada itu kita kasi geser, itu yang tidak boleh, aturan dari kementerian tidak boleh, kalau ada kosong, kalau yang kemarin kita kasi non job itu kita bisa kasi posisi, tapi ini khan orang yang masih aktif, kita kasi keluar, baru kita kasi masuk kita punya orang, itu yang bikin,” jelas Omaleng.

Sebanyak kurang lebih 600 pejabat baik eselon III dan IV menurutnya sudah diakomodir. Namun, masih ada 182 pejabat didalamnya ini, dilihat posisi jabatanya, tadinya berdasarkan kepangkatan ia ada di Eselon II, namun diturunkan ke eselon III. Ini kata Omaleng, yang tidak diperbolehkan. Kepangkatan dan posisi jabatan ini tambahnya tidak boleh berubah dan harus tetap.

“Kalau mau ganti-ganti, orang yang sama, dari sini eselon III, pindah juga eselon III, jadi kita ada perbaiki di kementerian sana, kalau sudah perbaiki kita akan lantik ulang,” jelasnya.

Dijelaskan Omaleng, rolling dan pergantian jabatan ini dilaksanakan sesuai dengan aturan dari Kementerian Dalam Negeri, dan bukan aturan dari pihaknya sendiri. “Kalau kita yang rolling, tidak ada masalah, kita kalau mau kasi non job, angkat siapa, eselon III jadi eselon IV ini ndak jasi masalah, tapi ini khan berdasarkan PP nomor 18 yang OPD baru,” imbuhnya. (ina)

share on:

Leave a Response