Diduga Cuaca Buruk, Pesawat Johnlin Air Tergelincir di Bandara Beoga

share on:
TERGELINCIR - Kondisi pesawat Jhonlin Air Transport (JAT) yang tergelincir di Bandara Beoga, Rabu (10/10)./ Foto : Istimewa

“Kejadian tersebut untuk sementara diduga akibat faktor cuaca sehingga pesawat tergelincir begitu mendarat di landasan pacu”

 Timika, HP

Pesawat jenis Caravan PK-JBR milik PT Jhonlin Air Transport (JAT) tergelincir di Bandara Beoga, Kabupaten Puncak, Rabu (10/10) sekitar pukul 06.22 WIT. Peristiwa itu membuat sang pilot, Krishenus mengalami trauma.

“Pesawat berangkat dari Bandara Timika dengan membawa barang carteran, dan tergelincir saat landing di Bandara Beoga. Saat ini pilot masih dalam kondisi trauma, jadi belum bisa memberikan keterangan,” kata  Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Udara Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika, Orpa Solossa, saat ditemui di Bandara Mozes Kilangin Timika, Rabu (10/10).

Orpa mengatakan, sampai saat ini juga belum diketahui penyebab pesawat mengalami kejadian itu, dan rencananya pihak maskapai akan menginvestigasi penyebab pasti pesawat tergelincir. “Rencananya dalam satu dua hari kedepan pihak maskapai Jhonlin Air akan mengecek penyebabnya,
kata Orpa.

Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa karena pesawat hanya membawa satu orang penumpang. “Yang jelas pesawat dicarter dan bawa barang-barang. Tidak ada korban dalam peristiwa ini,” ungkapnya.

Orpa menambahkan, hingga kini kondisi pesawat belum dievakuasi dan masih berada di runway Bandara. “Belum ada informasi terkait runway licin, yang jelas pihak maskapai akan lakukan investigasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol A Kamal saat dikonfirmasi mengatakan, kejadian tersebut untuk sementara diduga akibat faktor cuaca sehingga pesawat tergelincir begitu mendarat di landasan pacu.   “Insiden ini diduga cuaca dan speed pesawat yang menyebabkan pesawat tergelincir di Ranway Beoga.

Sebelumnya, diketahui pesawat perintis tersebut berangkat dari Bandara Mozes Kilangin Timika pukul 05.41 WIT menuju Bandara Beoga, Kabupaten Puncak.

Pesawat tiba di Bandara Beoga pukul 06.22 WIT, dan saat hendak landing, terjadi insiden sehingga membuat pesawat tergelincir dan menabrak tanggul pembatas yang berada di ujung landasan. (joe)

share on:

Leave a Response