DPRD Desak Pemkab Segera Jalankan Pembangunan

share on:
Nathaniel Murib Foto : Ryeno guritno/ HP

Timika, HP

Kalangan anggota DPRD Mimika mendesak Pemkab Mimika untuk segera menjalankan kegiatan pembangunan dalam tahun anggaran berjalan. Desakan itu mengingat APBD yang sudah ditetapkan sejak akhir 2018 lalu, hingga akhir Mei 2019 ini ekeskutif belum menjalankan kegiatan pembangunan.

“Tolonglah eksekutif, pembangunan harus dijalankan, karena aggaran kan sudah ditetapkan. Segeralah melakukan pekerjaan, kenapa harus diulur-ulur?” tegas Wakil Ketua II DPRD Mimika Nathaniel Murib di Kantor DPRD Mimika, Jumat (24/5).

Nathaniel mengatakan, DPRD Mimika memahami adanya agenda nasional yakni Pemilu 2019 yang sudah berlangsung pada 14 April lalu. Meski begitu, menurutn Nathaniel, pemilu bukanlah alasan untuk menunda kegiatan pembangunan.

“Pemerintah jangan ikut sibuk dengan pemilu. Kegiatan pembangunan seharusnya tetap jalan. Karena pemilu itu sudah ada yang urus yaitu KPU, sedangkan tanggung jawab pemerintah adalah melanjutkan pembangunan,” tegasnya.

Nathaniel meminta Bupati Mimika perlu memerintahkan pimpinan OPD untuk segera menjalankan kegiatan yang sudah diprogramkan dalam APBD 2019. Nathaniel menilai, kinerja OPD sejauh ini tidak berinisiatif menjalankan kegiatan, melainkan menunggu instruksi bupati.

“Kami minta saudara bupati yang punya kewenangan di daerah ini untuk memerintahkan OPD agar segera jalankan pembangunan. Karena pasti masyarakat Mimika selama ini terus menunggu kapan program-program pembangunan tahun ini mulai jalan,” ungkapnya.

Nathaniel menambahkan, desakan agar Pemkab Mimika segera menjalankan roda pembangunan, mengingat tahun 2020 Kabupaten Mimika sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan sejumlah cabang olahraga dalam ajang PON XX Papua.

“Jika tidak segera dijalankan mulai sekarang, jangan sampai nanti pembangunan dilakukan terburu-buru dan hasil pekerjaan pun hanya asal-asalan. Apalagi PON 2020 nanti banyak orang dari daerah lain datang ke Timika. Jika kita tidak siap secara baik, malu kita dengan APBD besar ternyata pembangunan tidak ada,” tegasnya. (reg)

share on:

Leave a Response