DPU Fokus Pemeliharaan Jalan Utama

share on:

Timika, HP

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Mimika saat ini fokus pada pekerjaan pemeliharaan jalan seperti, penambalan jalan dan sebagainya yang dilakukan pada jalan-jalan utama sebagai padat lalulintas kendaraan umum. Sementara untuk jalan lingkungan akan dilanjutkan setelah adanya penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017.

“Sekarang kita sedang fokus di pemeliharaan jalan dengan melakukan penambalan di jalan-jalan utama saja. Untuk pengerjaaan yang lain, kita lanjutkan setelah penetapan APBD,”kata Kepala Bidang Bina Marga DPU, Petrus Pali Amba saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/5).

Petrus menjelaskan, apabila APBD sudah ditetapkan, maka pengerjaan jalan akan tetap disesuaikan dengan kesiapan anggaran. Karena tidak mungkin bisa menjangkau semua lingkungan kalau seandainya anggaran tidak mencukupi.

“Nanti kita akan sesuaikan semua pekerjaan dengan anggaran yang tersedia. Kita tidak bisa paksakan kalau tidak ada anggaran pada APBD 2017 ini,” ujar Petrus.

Petrus menambahkan bila penambalan jalan menggunakan beton dan tidak menggunakan aspal.  Sebab, dengan menggunakan aspal maka akan memakan biaya cukup besar. Kemudian pengerjaan jalan menggunakan aspal pasti akan memobilisasi alat berat dalam jumlah cukup banyak.

“Dulu kita pernah gunakan aspal tetapi pihak ke tiga mengeluh biaya mobilisasi mahal. Kualitas kalau pakai aspal dan beton itu kurang lebih sama saja,” ujar Petrus.

Petrus mengungkapkan jika bahan yang digunakan untuk menambal beberapa ruas jalan sudah cukup kuat dan tidak menjadi masalah. Kemudian pada saat proses pengerjaannya banyak kendaraan yang melintas sehingga kualitasnya jadi berkurang.

Menurut Petrus, seharusnya warga menunggu sampai proses pengerjaan benar-benar selesai dengan baik barulah melintasi jalan tersebut.

“Sebenarnya beton itu sudah cukup kuat karena ini cuman untuk pemeliharaan saja. Oleh sebab itu saya mau mengajak supaya masyarakat ikut menjaga kualitas jalan dengan tidak melintas apabila penambalan baru dilakukan,” ujarnya. (joe)

share on:

Leave a Response