Expo Kuliner Mimika 2017 Resmi Dibuka

share on:

Timika, HP

Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Mimika Pameran atau Expo Kuliner 2017 yang dipusatkan di lapangan samping Gelael, Jalan Cenderawasih,Timika.

Kegiatan yang dibuka Sekda Mimika Ausilius You SPd MM MH itu akan berlangsung selama tiga hari sejak Selasa (7/11) hingga Kamis (9/11).

Expo kuliner tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kuliner lokal dan kuliner nusantara. Selain itu, untuk memberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi yang memiliki kinerja sehat guna memotivasi usaha koperasi di Kabupaten Mimika.

Kegiatan expo kuliner tersebut diikuti 30 kelompok terdiri dari koperasi kelompok usaha kuliner dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaan Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Mimika.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Ausilius You mengatakan, sektor perekonomian harus dilakukan secara konsisten. Langkah konsisten itu adalah dengan mengamati secara cermat potensi-potensi yang berpeluang menjadi sumber pendapatan yang bisa berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat.

“Sektor industri kuliner adalah salah satu yang banyak menyediakan lapangan kerja bagi banyak orang, tapi juga berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat yang terlibat didalamnya, karena sebagian besar merupakan usaha kecil dan menengah,” jelasnya.

Sekda You menambahkan, adanya pameran kuliner itu untuk mempersiapkan para pelaku industri kuliner khusunya para UKM untuk berpromosi membangun citra produk kuliner UKM yang kompetitif. Selain itu, juga untuk menumbuhkan pemahaman mengenai aspek-aspek mutu dan keamanan produk untuk meningkatkan wawasan mengenai profesionalisme.

“Meningkatnya pertumbuhan prerkonomian ternyata didominasi oleh industri-industri kuliner maka dari itu pameran ini sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi para UKM agar bisa lebih berkembang. Diharapkan denganpameran ini mampu merangsang pelaku UKM untuk menggarap lebih baik lagi pada sektor kuliner,”tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif Cherly Lumenta saat ditemui usai acara pembukaan mengatakan bahwa pameran ini diselenggarakan untuk memberikan dukungan kepada para pelaku industri kuliner terutama UKM untuk bisa lebih maju dan semakin bisa menciptakan produk kuliner yang higienis dan memiliki daya saing yang tinggi.

“Pameran ini untuk memberikan motivasi kepada pelaku UKM dibidang kuliner untuk lebih bisa meningkatkan kualitas produknya. Kemudian semakin bisa berinovasi kemudian menghasilkan karya-karya kuliner yang daya saing dan higienis,” tuturnya.

Usai membuka kegiatan, Sekda You didampingi Kadis Koperasi dan Ekonomi Kreatif Cherly Lumenta bersama para tamu undangan meninjau setiap stan pameran. Selain itu, dilakukan pengundian hadiah door price oleh panitia acara terhadap pengunjung yang hadir dan mengisi buku tamu. (reg)

share on:

Leave a Response