FKMN Bukan Organisasi Kesukuan Tetapi Ormas Terbuka

share on:

Timika, HP

Forum Komunikasi Masyarakat Ningvatnim (FKMN) Kabupaten Mimika bukan organisasi kesukuan yang khusus untuk orang Suku Kei tetapi merupakan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang bersifat terbuka untuk umum.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Pendiri FKMN Mimika dan juga Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob dalam sambutannya pada acara pelantikan Pengurus FKMN periode 2020-2023 dan Syukuran Memasuki Tahun 2020 di Kompleks wisata pemandian Pelangi di Kiloemter  8, Distrik Wania, Sabtu (18/1).

FKMN merupakan Ormas yang baru dibentuk dan memiliki badan hukum sesuai Akta Notaris Nomor 7 Tanggal 2 Agustus 2019 oleh Notaris Sri Widodo SH dan terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Mimika dengan Nomor Register : 20/190/2019 tanggal 30 Agustus 2019.

Pengurus FKM periode 2020-2023 yang dilantik tersebut yakni ketua terpilih Marvey Dangeubun SH MH dan seluruh badan pengurus FKMN berdasarkan SK Pengurus FKMN Nomor 001/A/XII/2019.

Ketua Dewan Pendiri FKMN Mimika Johannes Rettob dalam sambutannya menuturkan, pihaknya bersama Bupati Mimika Eltinus Omaleng selain menjadi pendiri FKMN, juga akan melantik dan menjadi pendiri di organisasi lainnya yang telah mendukung dan memenangkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Mimika OMTOB (Omaleng-Rettob) pada saat Pilkada Mimika 2018 lalu.

Wabup Rettob juga mengajak seluruh pengurus FKMN agar hidup dan menyatu dalam keberagaman dan menghargai warga pribumi Mimika khususnya masyarakat Amungme dan Kamoro. “Buat pengurus FKMN yang sudah dilantik, betul-betul kita bekerja, kita jalankan dengan baik dan bijaksana, kita membantu dan menjadi mitra pemerintah dalam membangun dan memajukan Kabupaten Mimika bersama-sama,” pesannya.

Wabup Rettob juga meminta warga Kei di Mimika yang tergabung dalam FKMN agar menjaga nama baik daerah Kei dan menghilangkan stigma warga lain yang ada di Mimika yang telah menjudge nama Kei sebagai pelaku kejahatan di Mimika.

“Saya minta warga Kei yang ada di FKMN agar menjaga nama baik daerah Kei. Kita tunjukkan ke orang-orang bahwa kita orang Kei ini adalah orang-orang baik, bukan seperti yang dikatakan dan dipikirkan oleh mereka,” imbaunya.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang diwakili Assisten III Sekda Mimika DR Ir Nikolaas E Kuahaty  Mdef dalam sambutannya menuturkan bahwa pihaknya menyambut baik pernyataan Ketua FKMN yang menyatakan bahwa siap mendukung penuh dua event besar yang akan digelar di Kabupaten Mimika yakni Pespawari dan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

“Kami (pemerintah daerah) menyambut baik pernyataan Ketua FKMN tadi dalam kesiapan menyambut Pesparawi dan PON XX di Timika. Pemerintah tetap berusaha keras untuk berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, namun pemerintah juga pasti ada keterbatasan sehingga diharapkan adanya kebersamaan dalam membangun Kabupaten Mimika ke depan,” ajaknya.

Mewakili Bupati Mimika, Nikolaas mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus FKMN Kabupaten Mimika periode 2020-2023. Diharapkan FKMN ke depan dapat menjadi mitra pemerintah daerah dalam mendukung dan menyukseskan pemabangunan di Kabupaten Mimika.

Sementara itu, Ketua Umum FKMN Mimika Marvey Dangeubun mengatakan, meskipun baru dikukuhkan FKMN yang memiliki ratusan pengurus dan ribuan pendukung ini menyatakan siap menyukseskan penyelenggaraan Pesparawi Tingkat Provinsi Papua dan Papua Barat dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Kabupaten Mimika.

“Saya selaku Ketua FKMN menyerukan kepada seluruh masyarakat FKMN, agar kita bersatu memberikan kontribusi dan pikiran serta tenaga, untuk membantu Pemerintah Kabupaten Mimika dalam membangun Mimika ke depan,” ujarnya.

Marvey menambahkan, sejatinya untuk membesarkan sebuah organisasi termasuk FKMN dibutuhkan kerja keras, dedikasi dan loyalitas untuk mencapai tujuan dan cita-cita guna meraih sukses bersama.

Kegiatan yang bertema berbahasa Kei, Maluku, “Am Vehe Mam Belan Ne Am Sor Mam Yat” dan sub tema, “Dengan semangat pantang mundur Ning Vatnim merajut kasih persaudaraan membangun Kabupaten Mimika. (reg)

share on:

Leave a Response