Harga Ayam Potong di Pasar Sentral Melonjak Naik

share on:
Aris salah satu pedagang ayam potong di Pasar Sentral Foto : Husyen abdillah - Harian Papua

TIMIKA,HP

Sejak empat hari terakhir ini harga daging ayam potong di Pasar Sentral di Jalan Hasanudi Timika melonjak naik yang mencapai Rp 70  ribu hingga Rp 80 ribu perekor. Lonjakan harga ayam potong diduga karena stok ayam dipasaran berkurang

Salah satu pedagang ayam potong di Pasar Sentral bernama Aris kepada Harian Papua , Kamis (4/7) mengaku kenaikan harga ayam potong bervariasi.

“Seperti ayam potong merah atau ayam bertelur sebelumnya di jual perkilonya dengan harga Rp 30 ribu rupiah namun sejak empat hari ini naik menjadi Rp 40 ribu hingga Rp 45 ribu rupiah per kilonya. Sedangkan satu ekor ayam potong merah yang beratnya mencapai 1,6 kg mencapai Rp 70 ribu rupiah hingga mencapai Rp 80 ribu rupiah.

Sedangkan untuk ayam potong biasa, menurut Aris dijual dengan harga Rp 5o ribu hingga Rp 55 ribu perekor sementara perkilo dijual dengan harga Rp 30 ribu.

“Kenaikaikan harga ayam potong baik perekor maupun perkilo ini sudah terjadi selama empat hari lalu yang dipengaruhi karena stok yang ada di pengusaha atau suplay ayam berkurang atau menipis. Namun untuk harga daging sapi tidak mengalami kenaikan dan stabil dengan harga Rp 120 ribu perkilo,”terangnya.

Pedagang lainnya, Nursyam juga mengakui kalau kenaikan harga daging ayam potong di Pasar Sentral karena jumlah atau stok di penjual menipis.

“Akibat naiknya harga jual daging ayam potong mengakibatkan pembeli sepi. Pemandangan ini terlihat sejak empat hari belakangan ini dari pagi hingga sore kurang pembeli dibanding sebelumnya,”jelas Nursyam. (opa)

share on:

Leave a Response