John Rettob : Pesparawi Harus Beri Keuntungan Bagi Masyarakat

share on:

Timika,HP

Wakil Bupati Mimika terpilih, Johannes Rettob yang juga sekaligus sebagai Ketua Umum Pesparawi ke-XIII se-Papua dan Papua Barat mengatakan, bahwa kegiatan Pesparawi yang akan digelar di Kabupaten Mimika pada tahun 2020 mendatang, harus memberikan keuntungan kepada masyarakat.

Saat ditemui Harian Papua disalah satu café di Jalan Hasanuddin, Jumat (12/7), John Rettob mengatakan, bahwa untuk bisa mencapai rencana serta target tersebut, maka panitia harus menyediakan tempat serta ruang bagi pengrajin noken serta pedagang untuk menjajakan hasil karya mereka kepada setiap peserta yang datang ke Timika.

“Intinya, melalui kegiatan ini, masyarakat harus mendapat keuntungan. Kita akan sediakan tempat untuk pameran, baik itu pameran mengenai program pencapaian selama ini di bidang pembangunan dan bidang lainnya, kita juga akan menyediakan ruang untuk pameran kuliner serta noken rajutan asli Amungme dan Kamoro,” tuturnya.

Dikatakan, bahwa terdapat lebih dari 12 ribu pengunjung yang akan datang ke Timika pada bulan Juli tahun 2020 mendatang untuk mengikuti lomba bergengsi dibidang tarik suara tersebut. Oleh sebab itu, panitia serta pemerintah harus mengambil kesempatan untuk menjual daerah Mimika kepada pengunjung yang hadir.

“Ini sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan daerah kita ke orang-orang yang datang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Mimika, Ida Wahyuni yang juga sekaligus merangkap sebagai Koordinator bidang pameran dan hiburan Pesparawi mengatakan, bahwa pihaknya juga akan menyediakan hasil karya pengrajin noken asli Amungme dan Kamoro, sehingga pengunjung yang datang bisa mengetahui corak serta motif noken asli Mimika.

“Sedangkan untuk kuliner maupun cinderamat, kita akan mengurus semua persyaratannya, sehingga juga bisa ikut dipamerkan dalam kegiatan Pesparawi nanti,” imbuhnya. (Zhu)

share on:

Leave a Response