Kader TP-PKK Mimika Ikut Sosialisasi Pembentukan Koperasi

share on:
SOSIALISASI – Suasana kegiatan sosialisasi pembentukan koperasi PKK Kabupaten Mimika di Hotel Grand Mozza, Rabu (31/7). Foto: Evan Soenarie/HP

Timika, HP

Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Mimika melakukan sosialisasi pembentukan koperasi yang berlangsung di Hotel Grand Mozza, Timika, Rabu (31/7). Kegiatan ini diikuti para kader PKK tingkat kabupaten dan distrik se-Mimika.

Ketua TP-PKK Kabupaten Mimika Ny Agustina Bassang mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu tugas dan fungsi dari kelompok kerja (Pokja) II tentang pengembangan kehidupan berkoperasi, selain dari program pendidikan dan keterampilan yang selama ini berjalan dengan baik.

“Saya harap kita semua yang hadir hari ini bisa membentuk koperasi khusus PKK yang nantinya kita pergunakan dalam menunjang tugas dan fungsi kita sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah, karena kita sering bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujar Agustina dalam sambutannya.

Agustina mengatakan, koperasi adalah salah satu lembaga ekonomi di masyarakat yang sudah dikenal luas dan terbukti berperan positif dalam membantu meningkatkan ekonomi rakyat Indonesia. Selain itu, melalui koperasi dapat memperkokoh perekonomian rakyat dan meningkatkan kualitas kehidupan anggotanya, serta sebagai salah satu sarana pengembangan potensi dan kemampuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

“Kegiatan ini sangat positif dalam memberikan pemahaman bagi kita tentang lingkup perkoperasian, terutama bagi kita pengurus TP-PKK Kabupaten Mimika dan pengurus PKK tingkat distrik, supaya kita mengerti. Sebaiknya ke depan kita praktikkan dalam kehidupan di lingkungan kita masing-masing,” tuturnya.

Sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut yakni Kepala Seksi Penyuluhan dan Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika, Rum Kelei dan Sekretaris TP-PKK Kabupaten Mimika Ny Leentje Paiman. Peserta kegiatan berasal dari PKK tingkat distrik dalam kawasan Timika dan sekitarnya, yakni PKK Distrik Mimika Baru, Wania, Kuala Kencana, Kwamki Narama, Iwaka, dan PKK Mimika Timur.

Sementara itu, Ketua Pokja II TP-PKK Kabupaten Mimika, Ny Yohana Timang sekaligus ketua panitia kegiatan mengatakan, pelatihan koperasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengurus dan anggota PKK.

“Kedepannya kita akan membentuk sebuah koperasi khusus untuk ibu-ibu PKK. Jadi, hari ini kita sudah dapat pemahaman melalui pemateri, karena itu adalah salah satu syarat berdirinya sebuah koperasi,” imbuhnya. (zhu)

share on:

Leave a Response