Kapolres Imbau Caleg Ikuti Aturan Pembuatan SKCK

share on:

Timika, HP

Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto mengimbau agar calon legislatif untuk ikuti aturan dalam pengurusan berkas untuk mendapatkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Karena jika aturan tidak dipenuhi, maka SKCK tidak akan diterbitkan untuk yang bersangkutan.

Hal ini menanggapi postingan di Facebook salah satu calon anggota legislatif Agustinus Anggaibak yang menilai bahwa pihak Kepolisian Mimika dalam hal ini Kapolres Mimika dan Kasat Reskrim Polres Mimika sengaja menahan SKCK sehingga membuat dirinya terpaksa mengundurkan diri dari pencalegan legislatif karena kekurangan berkas SKCK.

“Bukan kita tahan, tetapi salah satu persyaratan SKCK adalah surat bersih catatan kriminalitas dari Reskrim. Tiga hari yang lalu Ketua DPD PSI menyampaikan permohonan kenapa Pak Agustinus tidak diberikan SKCKnya. Dan kami sampaikan bahwa kepada semua warga negara silakan selama persyaratan itu mewadahi atau mencukupi, karena salah satu persyaratan harus ada itu,” kata Kapolres saat ditemui usai mengikuti kegiatan syukuran HUT TNI ke 73 di Aula Benteng Merah Putih Kodim Mimika, Jumat (5/10).

Kapolres mengatakan, apabila persyaratan itu tidak ada maka pihaknya tidak bisa mengeluarkan SKCK.

“Kami berharap yang bersangkutan mengurus dulu ke Reskrim, kalau sudah diurus kemudian keluar dan dijadikan kelengkapan persyaratan pasti kita akanĀ  keluarkan SKCK, tidak mungkin kita haling-halangi,” ujarnya.

Kapolres menilai, terkait dengan postingan di Facebook milik Agustinus Anggaibak itu adalah wujud kekecewaan.

“Kami sifatnya mengimbau yang bersangkutan untuk mengikuti ketentuan yang sudah ada, artinya bukan cuma beliau sendiri, kan ada 16 Partai Politik, ada sekian ratus Calon Legislatif di situ dan semua itu persyaratannya sama,”ujarnya.

Ia juga megegaskan bahwa, pihaknya tidak membeda-bedakan dalam pengurusan SKCK.

“Jadi harapan kita sama-sama saling menghormati ketentuan dan kita akan hormati beliau sebagai calon legislator,” ujarnya. (joe)

share on:

Leave a Response