Ketua Lemasko Robertus Waraopea Tutup Usia

share on:
MOBIL JENAZAH - Mobil jenazah RSMM yang membawa almarhum Robertus Waraopea ke rumah duka, Rabu (14/8) malam Foto: Ricky Lodar/Hp

Timika, HP

Seorang putra terbaik Kamoro yang kini menjabat Ketua Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Robertus Waraopea SH dinyatakan tutup usia oleh pihak Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM), Rabu (14/8) sekira pukul 18.30 WIT. Robert meninggal dunia setelah menjalani perawatan di bangsal intensif selama 3 hari karena sakit komplikasi maag yang dideritanya.

Humas Lemasko Marianus Maknaipeku ketika dikonfirmasi, membenarkan kabar duka tersebut. “Beliau (Robertus Waraopea) meninggal karena Maag,” ungkap Marianus melalui telepon WhatsApp, Rabu (14/8).

Mewakili masyarakat Kamoro, Marianus merasa duka mendalam atas meninggalnya putra terbaik Kamoro, seorang tokoh penting yang semasa hidupnya selalu memperjuangkan hak-hak masyarakat Kamoro. “Seluruh masyarakat Kamoro merasa kehilangan seorang tokoh figur putra terbaik yang dimiliki orang Kamoro,” ungkapnya.

Terkait rencana pemakaman mantan anggota DPRD Mimika itu, belum diketahui pasti karena akan diputuskan bersama pihak keluarga. Almarhum merupakan seorang tokoh yang dipilihmenjadi Ketua Lemasko sehingga pemakaman pun harus melalui prosesi adat.

“Untuk selanjutnya kami belum tahu kapan dan dimana akan dimakamkan, karena masih diputuskan oleh keluarga. Setelah itu akan dilakukan prosesi adat pada saat dimakamkan,” ungkap Marianus.

Sementara itu, pantauan di kediaman almarhum Robertus Waraopea, di Jalan Yos Soedarso, belakang bekas Kantor Pengadilan Agama Timika, terlihat banyak masyarakat Kamoro dan tetangga berdatangan ke rumah duka untuk memberikan ucapan turut berduka cita dan membantu mempersiapkan tenda, menyimpan rumah untuk menyambut kedatangan jenazah.

Sekira pukul 21.57 WIT jenazah tiba di rumah duka menggunakan ambulance diantar oleh keluarga dan kerabat, isak tangis pecah setelah jenazah tib di depan rumah duka. (cr13)

share on:

Leave a Response